PENGEMBANGAN E-MODUL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KERUCUT BERBASIS PENDEKATAN PMRI MENGGUNAKAN KONTEKS ISLAM MELAYU

NURRAMA PRATAMA, NURRAMA PRATAMA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KERUCUT BERBASIS PENDEKATAN PMRI MENGGUNAKAN KONTEKS ISLAM MELAYU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_compressed.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_compressed.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_compressed.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V_compressed.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul pada materi bangun ruang sisi lengkung kerucut yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Penelitian ini berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) menggunakan konteks Islam Melayu dengan metode penelitian Research and Development (R&D) berdasarkan model penelitian Tessmer. E-modul ini memuat audio visual yang dikemas dengan menarik menggunakan aplikasi canva. Tahapan yang dilakukan yaitu tahap preliminary dan tahap prototyping menggunakan alur formative evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX. Penelitian ini menghasilkan (1) E-modul dengan kriteria “Sangat Valid” dilihat dari aspek konten, desain dan kualitas teknis, (2) E-modul dengan kriteria “Sangat Praktis” dilihat dari aspek kejelasan, daya tarik, kesalahan yang nyata, keefektifan, daya implementasi, penerimaan pengguna dan penerimaan organisasi, dan (3) E-modul yang mempunyai efek potensial dengan rata-rata nilai 73,3 di tahap one-to-one kategori “Sedang”, 79,96 di tahap small group kategori “Sedang” dan 86,0 di tahap field test kategori “Tinggi”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: NURRAMA PRATAMA 1930206110
Date Deposited: 17 Jan 2023 01:20
Last Modified: 17 Jan 2023 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24646

Actions (login required)

View Item View Item