Pengaruh Penerapan Model Collaborative Teamwork Learning Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasl Belajar Siswa di Kelas IV SDN 80 Palembang

Artika, Chera Meska (2022) Pengaruh Penerapan Model Collaborative Teamwork Learning Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasl Belajar Siswa di Kelas IV SDN 80 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada lembaga pendidikan adalah para pendidik yang kurang memperhatikan model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan cenderung model pembelajaran yang sudah sangat klasik jika diterapkan dimasa kini. Pada saat ini perkembangan pendidikan banyak mengalami kemajuan salah satunya dalam penyampaian materi dengan bergabai model pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model collaborative teamwork learning dalam mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 80 Palembang Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen model Preexperimental design yaitu The one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini yakni semua siswa kelas IV SDN 80 Palembang dengan jumlah keseluruhan 44 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu kelas IV dengan jumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengenakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil penelitian tes awal (pretest) diperoleh nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 80. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih banyak yang berada di tingkat sedang. Adapun setelah diterapkan model collaborative teamwork learning, hasil penelitian tes akhir (posttest) didapatkan nilai terkecil 60 dan nilai terbesar 100 hal ini menunjukkan hasil belajar siswa berada di tingkat tinggi. Kemudian dilakukan perhitungan uji-t diraih nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti kurang dari 0.005, maka dari itu Ho ditolak yang berarti ada ketidaksamaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran tingkat hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Kata kunci: Collaborative Teamwork Learning dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Collaborative Teamwork Learning dan Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: CHERA MESKA ARTIKA
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:46
Last Modified: 24 Jan 2023 02:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item