Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Metode SOLE (Self Organized Learning Environment) Dengan Edpuzzle Di SMA Negeri 1 Muntok

Mawarsih, Silvia (2023) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Metode SOLE (Self Organized Learning Environment) Dengan Edpuzzle Di SMA Negeri 1 Muntok. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak .pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus .pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text
bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
bab2 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
bab4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar mengajar bahasa Arab pada umumnya masih bersifat konvensional dan hanya menggunakan buku saja. Penggunaan bahan ajar yang hanya berupa buku untuk pelajaran bahasa arab pada keterampilan menyimak akan membuat pembelajaran menjadi kurang efektif dan maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kesulitan siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya pada maharah istima’ dengan mengembangkan bahan ajar yang berupa buku menjadi video interaktif menggunakan media berupa website Edpuzzle dengan metode SOLE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Muntok dengan sampel siswa kelas 11 jurusan IBB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli pada bagian materi dari produk memperoleh 90%, kemudian pada bagian media dari produk memperoleh 89%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah siswa menggunakan Edpuzzle, siswa mengalami peningkatan dalam ketertarikan serta kemampuan mereka pada pembelajaran bahasa Arab. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil dari uji T yang memperoleh 0,000 < 0,005. Kesimpulan berasarkan hasil penelitian adalah suatu pembelajaran akan lebih efektif jika menggunakan media yang menarik dan memfokuskan proses pembelajaran pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Maharah Istima’, SOLE, Edpuzzle
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: SILVIA MAWARSIH 1910204004
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:22
Last Modified: 30 Jan 2023 07:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24990

Actions (login required)

View Item View Item