PENGGUNAAN TIKTOKSHOP SEBAGAI MEDIA BERBELANJA DAN DAMPAKNYA PADA GAYA HIDUP MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

TAMARA, NADHEA (2023) PENGGUNAAN TIKTOKSHOP SEBAGAI MEDIA BERBELANJA DAN DAMPAKNYA PADA GAYA HIDUP MAHASISWA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1. Cover (skripsi nadhea).pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrack ( skripsi Nadhea).pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
03. BAB I (skripsi nadhea).pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB II (skripsi nadhea).pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB III (Skripsi nadhea).pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB IV (skripsi nadhea).pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
07. BAB V (skripsi nadhea).pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR PUSTAKA (skripsi nadhea).pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian skripsi ini berangkat dari realita mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang memiliki perilaku konsumsI berdasarkan “keinginan bukan kebutuhan yang cenderung mementingkan pemenuhan gaya hidup”, Sementara ekonomi Islam mengarahkan umatnya untuk membeli dan menggunakan produk sesuai dengan porsinya. Dengan adanya media berbelanja pada media sosial tiktok disertai dengan konten video review sebagai acuan pembelian dalam aplikasi Tiktok yang tengah naik daun, memberi dampak terhadap gaya hidup mahasiswa. Hal ini dikarenakan prilaku irrasional dalam berbelanja lebih dominan daripada perilaku rasional, sebagian besar lebih mementingkan gengsi dan trend semata. Adapun Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan Tiktokshop sebagai media berbelanja dan dampaknya pada gaya hidup mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang?, 2) Bagaimana Tiktokshop sebagai media berbelanja dan dampaknya pada gaya hidup mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang ditinjau dalam perspektif ekonomi islam?. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data pada suatu latar alamiah dengan tujuan untuk menemukan dan menggambarkan kejadian atau tindakan yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku objek yang diamati secara sistematis, faktual, dan akurat, dengan cara menggambarkan dan menguraikan sejelas-jelasnya seluruh masalah yang ada pada rumusan masalah, dengan sumber data primer dan sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam sebagai pengguna aplikasi Tiktok, memanfaatkan platform Tiktokshop sebagai meida berbelanja dimana mereka melakukan pembelian secara langsung pada platform tersebut dengan acuan review mengenai produk melalui konten video yang diunggah Reviewer, sehingga menarik minat beli para pengguna untuk berbelanja yang berdampak pada gaya hidup sebagai pemenuhan trend. 2) Tiktokshop sebagai media berbelanja memberi dampak pada gaya hidup mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam. Dalam perspektif ekonomi Islam kepemilikan manusia atas harta benda merupakan amanah. Dengan nilai amanah itulah manusia dituntut untuk menyikapi harta benda untuk mendapatkannya dengan cara yang benar, proses yang benar dan pengelolaan dan pengembangan yang benar pula, namun mayoritas mahasiswa cenderung lalai dalam menyikapi harta benda dan mengelola harta untuk membeli hal hal diluar keperluan demi pemenuhan nafsu dan keinginan belaka, sehingga adanya penyimpangan yakni mengarah kepada perilaku yang berlebihan/ boros. Kata kunci: Gaya Hidup, Perilaku Konsumen, Aplikasi Tiktok, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Perilaku Konsumen, Aplikasi Tiktok, Ekonomi Islam.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: NADHEA TAMARA 1830602217
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:21
Last Modified: 07 Feb 2023 01:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25257

Actions (login required)

View Item View Item