PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 55 PALEMBANG

Ilhami, Muhammad Wahyu (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 55 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang pasti dilalui oleh setiap manusia. Pada prosesnya, pendidikan amat penting untuk menarik perhatian dari peserta didik. Karena jika tidak, maka siswa akan cenderung cepat bosan, hilang perhatian, dan mengantuk dan lain sebagainya. Proses pembelajaran sangat bergantung dengan model dan metode pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran tersebut untuk dapat menarik perhatian siswa. Model pembelajaran Carousel Feedback menjadi salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran carousel feedback pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 55 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest, dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran carousel feedback di SMP Negeri 55 Palembang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t dengan rumus paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran carousel feedback. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya siswa yang masuk kepada kategori nilai tinggi, yang sebelumnya hanya 3,9% menjadi 11,5%. Selain itu, rata-rata keseluruhan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya hanya 70 menjadi 86. Hasil inipun didukung dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05. Jika nilai Sig. (2 tailed) < 0.05, yaitu 0.00 < 0,05 maka Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran carousel feedback dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: carousel feedback, hasil belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: MUHAMMAD WAHYU ILHAMI 1910202013
Date Deposited: 27 Apr 2023 02:56
Last Modified: 27 Apr 2023 02:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26850

Actions (login required)

View Item View Item