Penerapan Pendekatan Mindful Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SMPN 61 Palembang

Nuraisyah, Iga (2023) Penerapan Pendekatan Mindful Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa di SMPN 61 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata pengantar - Abstrak.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan mindful learning dalam meningkatkan aktivitas belajar pendidikan agama islam pada siswa di SMPN 61 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbasis eksperimen, dengan menggunakan bentuk desain penelitian The True Experimental Design, dengan menggunakan rancangan the posstest control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 56 siswa yang terdiri dari siswa kelas VIII 1 & VIII 2. Penentuan subyek penelitian in ditentukan dengan mengambil sampel secara non-random yang menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian in menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII 2 (kelas kontrol) yang tidak diterapkan pendekatan mindful learning yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 2 siswa (7.14%), tergolong sedang sebanyak 22 siswa (78,5%) dan tergolong rendah sebanyak 4 siswa (14,29%). Aktivitas belajar siswa kelas VIII 1 (kelas eksperimen) yang diterapkan pendekatan mindful learning yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 9 siswa (32,14%), tergolong sedang sebanyak 15 siswa (53,57%) dan tergolong rendah sebanyak 4 siswa (14,29%). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus uji "+" diperoleh thitung = 15,263 dan tabel = 1,705 dengan taraf 00,05, dan kriteria pengujian Ho ditolak dan Ha diterima jika thitung > ttabel. Pada penelitian in diperoleh thitung > ttabel (15,263 > 1,705), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMPN 61 Palembang dalam penerapan pendekatan mindful learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Mindful Learning, Aktivitas Belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: IGA NURAISYAH 1910202015
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:16
Last Modified: 23 Jun 2023 09:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27449

Actions (login required)

View Item View Item