PENGARUH LEADERSHIP TOUR LEADER TERHADAP KEDISIPLINAN JAMAAH UMRAH PADA TRAVEL SMARTS UMRAH KOTA PALEMBANG

HARTINI, TRI (2023) PENGARUH LEADERSHIP TOUR LEADER TERHADAP KEDISIPLINAN JAMAAH UMRAH PADA TRAVEL SMARTS UMRAH KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
kovr.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
bAb 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “ Pengaruh Leadrship Tour Leader Terhadap Kedisiplinan Jamaah Umrah Pada Travel Smarts Umrah Kota Palembang “ Leadership seorang tour leader sangat diperlukan dalam menghadapi kendala dilapangan salah satunya mengenai kedisiplinan jamaah yang mencakup kesadaraan, ketaatan dan kepatuhan jamaah untuk mendengarkan arahan dari tour leader yang memiliki jiwa leadership contoHnya dalam hal kedisiplinan waktu yakni memanfaatkan waktu dengan baik dalam melaksanakaan rangkaian kegiatan ibadah umrah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh leadrship tour leader terhadap kedisiplinan jamaah umrah travel Smarts Umrah Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan cara menyebarkan angket. Sampel berjumlah 50 orang, data dianalisis dengan Uji Instrumen, Uji Asumsi Dasar, dan Uji Hipotesis dengan menggunakan alat bantu software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh leadership tour leader terhadap kedisiplinan jamaah, hal ini dibuktikan bahwa besarnya nilai R square pada tabel adalah 0,553 yang menunjukan bahwa variabel Kedisiplinan Jamaah (Y) dipengaruhi oleh variabel Leadership Tour Leader (X) sebesar 55,3% dan sisanya sebesar 44,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Additional Information: Penelitian ini lebih merujuk kepada kualitas kepemimpinan, tanggung jawab seorang tour leader dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab untuk menyukseskan perjalanan ibadah umrah jamaah artinya tour leader memiliki jiwa kepemimpinan yang sesuai dengan syariat Islam yakni teladan yang baik. Penelitian ini memiliki 50 responden pada jamaah travel Smarts umrah Palembang tahun 2019 yang menyebar kuesioner perhitungan data menggunakan program SPSS versi 26 dan untuk menguji hipotesis digunakan regresi linear sederhana. Penjelasan sebagai berikut: Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa signifikasi 0,200 lebih besar dibandingkan dengan nilai yang ditentukan sebesar 5%. Hasilnya yakni 0,200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan data residual berdistibusi normal. Hasil regresi linier dari tabel 5.6 berdasarkan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai t hitung = 7. 355 sedangkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Maka nilai signifikansi lbih kcil dari nilai 0,05 atau 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh yang signifikansi antara variabel Leadership (X) dan variabel Kedisiplinaan (Y). Dari table 5.6 terdapat kolom B (constant) nilainya sebesar 75.345 sedangkan nilai variabel Leadership (X) sebesar -043 artinya jika variabel leadership (X) dan nilai constant adalah 75.345 maka variabel Pengaruh leadership (X) berkontribusi positif terhadap variabel kedisiplinaan jamaah (Y). Hasil uji hipotesis bahwa thitung lebih kecil dari ttabel (-0,330 < 1,677)/(diperoleh dari nilai ttabel dengan sampel 47). Jadi Ha ditolak dan H0 diterima yaitu tidak terdapat pengaruh yang signifikan Leadership Tour Leader terhadap Kedisiplinan Jamaah Smarts Umrah Palembang. Hasil diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,553 maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini variabel Pengaruh Leadership Tour Leader (X) berpengaruh terhadap Kedisiplinan Jamaah (Y) sebesar 55,3 % dan sisanya 44,7% dapat dijelaskan oleh faktor lain seperti peran tour leader, pelaksanaan tugas tour leader, efektivitas pelayanan, kualitas pelayanan dan lainnya. Selanjutnya berdasarkan tabel 5.8 diatas, diperoleh Adjusted R Square sebesar 0,544 artinya bahwa Pengaruh Leadership Tour Leader (X) berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kedisiplinan Jamaah (Y) maka dapat meningkatkan kedisiplinan jamaah Smarts umrah sebesar 54,4%.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Leadership, Tour Leader, Disiplin
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah
Depositing User: TRI HARTINI 1820504045
Date Deposited: 09 Jun 2023 07:56
Last Modified: 09 Jun 2023 07:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27472

Actions (login required)

View Item View Item