PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN DI KELAS IV SDN 22 TEMPILANG KABUPATEN BANGKA BARAT

Santri, Santri (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBTEMA BERSYUKUR ATAS KEBERAGAMAN DI KELAS IV SDN 22 TEMPILANG KABUPATEN BANGKA BARAT. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-1-19 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-20-33.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-34-53.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-54-75.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-76-137.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-138-139.pdf

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi full bab santri 1-5 untuk bu nur yang ke3-halaman-140-142.pdf

Download (982kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perancangan desain bahan ajar yang valid dan praktis berbasis kearifan lokal subtema bersyukur atas keberagaman di kelas IV SDN 22 Tempilang Kabupaten Bangka Barat. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap pada setiap prosedurnya, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 22 Tempilang dengan 11 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan, sebagai berikut: 1) Menghasilkan bahan ajar modul berbasis kearifan lokal yang valid denganmelihat arahan dan masukan, maka diperoleh hasil angket dari validasi desain sebesar 92, hasil skor dari validasi materi 1 sebesar 92,5, validasi materi 2 sebesar 87,5 dan hasil validasi bahasa diperoleh skor sebesar 92. 2) Menghasilkan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang praktis dengan melihat hasil angket respon peserta didik diperoleh skor 92. 3) Menghasilkan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang praktis dengan melihat hasil tes yang dilakukan oleh peserta didik yang dihitung dengan rumus skala linkert diperoleh skor 93 dengan kategori nilai layak untuk dikembangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar Kearifan Lokal
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SANTRI 1930201214
Date Deposited: 26 May 2023 01:29
Last Modified: 26 May 2023 01:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27679

Actions (login required)

View Item View Item