PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK I-CAT (ISLAMIC CREATIVE ART THERAPHY) DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM ANAK JALANAN DI KOMUNITAS RELAWAN ANAK SUMATRA SELATAN (RASS)

Dewi, Armilia and Sur, Yati and Zhila, Jannati (2022) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK I-CAT (ISLAMIC CREATIVE ART THERAPHY) DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM ANAK JALANAN DI KOMUNITAS RELAWAN ANAK SUMATRA SELATAN (RASS). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover Armilia_092532.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Armilia_092530.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text
bab 1_092526.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2_092522.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_092519.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_092506.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_092504.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Dapus_092502.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Self esteem sangat penting dan perlu diajarkan pada anak- anak sejak usia sejak dini oleh orang tua. Sebab, dengan adanya self esteem maka anak dapat melakukan segala aktivitasnya secara percaya diri dan dapat menilai diri sendiri secara positif, terciptanya rasa percaya diri dapat mengembangkan kemampuan diri untuk melakukan sesuatu hal serta mampu memahami kekurangan diri kemudian dapat meningkatkan prestasi anak - anak.Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami bagaimana gambaran pemahaman self esteem pada anak - anak sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik I - CAT (Islamic Creativ Art Theraphy) serta bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok melalui teknik I - CAT (Islamic Creativ Art Theraphy) untuk meningkatkan self esteem anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Sedangkan subjek penelitian ini yaitu 8 orang anak - anak jalanan yang sesuai dengan kriteria - kriteria tertentu, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mempermudah dan memperoleh data dan informasi yang dibutuhkan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) gambaran pemahaman anak - anak jalanan mengenai urgensi self esteem sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok yaitu anak - anak kurang memahami mengenai urgensi self esteem itu sendiri seperti tidak dapat menjelaskan tentang self esteem dan tidak mengerti self esteem yang ada pada setiap masing - masing individu, (b) tahap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dimulai dari tahap awal tahap peralihan tahap kegiatan tahap pengakhiran, dan (c) setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik I - CAT ( Islamic Creativ Art Theraphy) untuk meningkatkan self esteem anak ada beberapa anak yang telah mampu menjelaskan tentang self esteem anak dan dapat memberikan contoh serta telah mengetahui faktor pendukung dan penghambat perkembangan self esteem. Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok, I – CAT (Islamic Creativ Art Theraphy), Self Esteem

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Layanan bimbingan kelompok, I – CAT (Islamic Creativ Art Theraphy), Self Esteem
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: DEWI ARMILIA 1730502086
Date Deposited: 23 Jun 2023 00:47
Last Modified: 23 Jun 2023 00:47
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28554

Actions (login required)

View Item View Item