IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH FILIAL BAGI ANAK JALANAN DAN PUTUS SEKOLAH SEBAGAI PENUNJANG GERAKAN LITERASI DI KOTA PALEMBANG

Prayugo, Dwi arif (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH FILIAL BAGI ANAK JALANAN DAN PUTUS SEKOLAH SEBAGAI PENUNJANG GERAKAN LITERASI DI KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Image
Cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengantar.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai implementasi program sekolah filial sebagai penunjang dalam memberikan literasi bagi anak jalanan dan putus sekolah. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program sesuai dengan model implementasi Edward III, serta bagaimana tingkat literasi sekolah dalam program ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, serta wawancara yang dilakukan dengan tim pelaksana program, guru wali kelas, pengurus perpustakaan, serta siswa sekolah filial. Dalam tahap analisis data menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini dari segi implementasi sudah memenuhi kriteria implementasi yaitu dengan adanya evaluasi secara intens baik yang bersifat priodik maupun insidentil, adanya laporan kerja terhadap seluruh pelaku program, menjalin kerjasama dengan lembaga lain serta berpedoman dengan buku pedoman penyelenggaraan pendidikan layanan khusus anak jalanan dan anak putus sekolah. Sumber daya yang diberikan sudah cukup baik berupa fasilitas personal dan fasilitas pembelajaran, namun sekolah filial tidak memiliki perpustakaan sendiri melainkan menggunakan fasilitas Taman Baca Masyarakat (TBM) Sanggar kegiatan belajar (SKB) kota Palembang, sehingga dalam pemenfaatan untuk kegiatan literasi sekolah filial belum memaksimalkannya. Untuk kegiatan literasi dalam kelas siswa sekolah filial masih pada tahap pembiasaan yang mana melakukan kegiatan membaca 15 menit sebelum memulai pembelajaran, literasi siswa sekolah filial berfokus pada pemberian literasi keterampilan vokasi seperti menjahit, computer, dan otomotif, namum pelaksanaannya masih belum optimal mengingat keterampilan ini membutuhkan praktek tatap muka dan beberapa tahun kebelakang terkendala adanya musibah Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: literasi sekolah, sekolah filial, anak jalanan, anak putus sekolah, implementasi program
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: DWI ARIF PRAYUGO 1524400003
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:35
Last Modified: 26 Jun 2023 01:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28607

Actions (login required)

View Item View Item