ANALISIS KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALEMBANG

Sukri, Sukri (2023) ANALISIS KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover-Abstrak.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Tantangan pendidikan di era globalisasi ini semakin berat dimana mudah sekali dalam mendapatkan informasi sehingga butuh kemampuan critical thinking dalam menerima dan memilah informasi. Terutama dalam pembelajaran siswa memerlukan kemampuan critical thinking untuk menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dalam menerima informasi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Tujuan dari penelitian ini Agar mengetahui kemampuan dan faktor yang mempengaruhi Critical Thinking Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field study) yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi atau pengamatam, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari siswa, guru, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan kepala madrasah. Sumber sekunder berupa buku atau jurnal. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penyelidikan ini memberikan pemaparan bahwa siswa memiliki kemampuan dalam menganalisis dimana siswa mampu dalam membedakan setiap peristiwa sejarah dalam hal ini membedakan hal yang penting dan tidak penting , mengevaluasi dengan memberikan penilaian terhadap peristiwa sejarah kebudayaan islam dan mencipta dalam hal ini siswa mampu mengambil dan menarik kesimpulan terkait materi pembelajaran sejarah kebudayaan islam dalam pembelajaran. Dalam menganalisis, mengevaluasi dan mencipta terdapat faktor yang mempengaruhi. Faktor yang mempengaruhi dapat menjadi pendukung dan penghambat kemampuan siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka siswa memiliki kemampuan critical thinking dalam pembelajaran terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut baik itu menjadi pendukung dan penghambat bagi siswa. Kata Kunci : Analisis kemampuan, critical thinking, sejarah kebudayaan islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis kemampuan, critical thinking, sejarah kebudayaan islam,
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: SUKRI 1820202161
Date Deposited: 09 Jul 2023 15:19
Last Modified: 09 Jul 2023 15:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28795

Actions (login required)

View Item View Item