PENERAPAN METODE SIMA’I DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI TK/TPA AL-FALAH KELURAHAN TANGGA TAKAT KECAMATAN SEBERANG ULU II PALEMBANG

JANNAH, MIFTAHUL (2023) PENERAPAN METODE SIMA’I DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI TK/TPA AL-FALAH KELURAHAN TANGGA TAKAT KECAMATAN SEBERANG ULU II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hafalan santri setelah penerapan metode Sima’i di TK/TPA Al-Falah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil hafalan santri sebelum dan sesudah diterapkanya metode Sima’i di TK/TPA Al-Falah Palembang. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hafalan santri setelah diterapkannya metode Sima’i. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan hafalan santri pada kategori tinggi yang pada awalnya 7,7 % menjadi 15,4 %. Selain itu, rata-rata keseluruhan hafalan santri juga mengalami peningkatan, yang sebelumnya adalah 46 menjadi 67. Hasil ini didukung dengan uji hipotesis yang menunjukkan bahwa t hitung 13,832 > t tabel pada signifikan 5% (2,179) maupun pada taraf signifikan 1% (3,055). Maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang diartikan bahwa ada peningkatan yang signifikan pada hafalan santri TK/TPA Al-Falah Palembang setelah diterapkannya metode Sima’i.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Sima’i, Hafalan Santri dan TK/TPA Al-Falah
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: MIFTAHUL JANNAH 1920202124
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:14
Last Modified: 12 Jul 2023 01:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28850

Actions (login required)

View Item View Item