Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi “Journey: Taiko Arabia Hantou De No Kiseki To Tatakai No Monogatari” Produksi Manga Productions Dan Toei Animation

Prakoso, Muhammad Adithia (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi “Journey: Taiko Arabia Hantou De No Kiseki To Tatakai No Monogatari” Produksi Manga Productions Dan Toei Animation. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Pendidikan menjadi kebutuhan wajib dan amat penting bagi setiap manusia. Pendidikan membentuk pengetahuan, sikap dan kepribadian seseorang. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai usaha sadar pendidik kepada anak didiknya untuk menanamkan nilai-nilai karakter agar mereka bisa memahami, berfikir, dan bertindak dengan nilai-nilai etis dalam menjalani kehidupannya agar menjadi insan yang mulia. Salah satu film animasi yang di dalamnya banyak memuat nilai-nilai pendidikan karakter ialah film animasi “Journey: Taiko Arabia Hantou De No Kiseki To Tatakai No Monogatari” produksi Manga Productions dan TOEI Animation. Film tersebut mengisahkan kisah perjuangan seorang pemuda yang berjuang untuk membela agama (kepercayaan) dan tanah airnya dari penjajahan. Film tersebut memuat nilai-nilai pendidikan karakter dengan memaparkan sejarah dengan adegan dan dialog yang menyampaikan pentingnya berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi “Journey: Taiko Arabia Hantou De No Kiseki To Tatakai No Monogatari” serta mencari relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi dokumentasi (library research) dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan terdapat 15 nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam film animasi “Journey: Taiko Arabia Hantou De No Kiseki To Tatakai No Monogatari” yaitu religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tangggung jawab. Masing-masing nilai-nilai tersebut memiliki relevansi dengan beberapa nilai-nilai pendidikan Islam yakni nilai I’tiqodiyah, Khuluqiyah, dan Amaliyah. Nilai pendidikan Islam Khuluqiyah dan Amaliyah merupakan nilai yang paling dominan relevan dengan nilai pendidikan karakter dalam film tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam, Film Animasi
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: MUHAMMAD ADITHIA PRAKOSO 1820202130
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:42
Last Modified: 14 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28911

Actions (login required)

View Item View Item