PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION AND ANSWER (QnA) CARDS ROUNDS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SEL

Fadhilah, Rizki (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION AND ANSWER (QnA) CARDS ROUNDS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATERI SEL. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi disekolah yaitu, diketahui bahwa para peserta didik masih bermasalah dalam kemampuan untuk pemahaman konsep dan peserta didik juga sulit memusatkan perhatiannya pada penjelasan guru, karena itu mempengaruhi prestasi belajar dan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Question and Answer (QnA) Cards Rounds terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI pada Materi Sel. Strategi pembelajaran QnACR merupakan strategi pembelajaran yang dibuat untuk melatih keaktifan peserta didik dan mengetahui hasil belajar peserta didik saat mengikuti pembelajaran di dalam kelas sedangkan pemahaman konsep itu sendiri merupakan kemampuan individu untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu tersebut diketahui dan diingat. Jenis penelitian ini berupa kuantitatif dengan desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu pra eksperimen (pre eksperimental designs), yang hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa ada kelas kontrol. Bentuk pra eksperimen (pre-eksperimental designs) yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 35 peserta didik yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat dilihat rata-rata sebelum diberi perlakuan kemampuan awal peserta didik dengan materi sel adalah 50,57 sedangkan rata-rata setelah diberi perlakuan adalah 79 sehingga mengalami peningkatan. Kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis dengan (uji-z) hasil yang didapat adalah nilai Z_(hitung )> Z_tabel sebesar 12,791 > 1,65 dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 (artinya nilai signifikan tersebut < 0,05), maka dapat disimpulkan H_0 ditolak dan H_a diterima. Dapat disimpulkan bahwa artinya ada pengaruh strategi pembelajaran QnACR terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas XI pada materi sel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran QnACR, Pemahaman Konsep
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: RIZKI FADHILAH 1920207030
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:07
Last Modified: 20 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/28983

Actions (login required)

View Item View Item