Pengaruh Model Pembelajaran Transformatif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang

Jannah, Miftahul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Transformatif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang tidak diterapakn dengan yang diterapkan model pembelajaran transformatif pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eskperimen dengan menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Desain. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan rumus dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen, dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen sebanyak 12% sedangkan kelas kontrol terdapat 18%. Selain itu rata-rata keseluruhan hasil belajar peserta didik juga terdapat perbedaan dengan hasil 65 pada kelas kontrol dan 73 pada kelas eksperimen. Hasil inipun didukung dengan hasil uji hipotesis diperoleh sebesar thitung (3,393) > ttabel (1,668) yang berarti bahwa Ha diterima, dan HO ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar di kelas kontrol yang tidak diterapkan model pembelajaran transformatif dibandingkan kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran transformatif. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran transformatif terhadap hasil belajar peserta didik kelas X di MAN 2 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: transformatif, hasil belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: . MIFTAHUL JANNAH
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:01
Last Modified: 31 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29325

Actions (login required)

View Item View Item