Analisis Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Mempertahankan Usaha Di Tengah Wabah Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Sekitar Kampus Uin Raden Fatah Palembang)

Sepriyansyah, M Iqbal (2022) Analisis Strategi Pedagang Kaki Lima Dalam Mempertahankan Usaha Di Tengah Wabah Covid-19 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Sekitar Kampus Uin Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Pakembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai strategi pedagang kaki lima dalam mempertahankan usaha di sekitaran kampus A UIN raden Fatah Palembang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19. Strategi yang efektif dan efisien dalam menjalankan usaha sangat penting terutama saat menghadapi kendala. Penerapan strategi yang tepat dapat memperkecil risiko kerugian dan memperluas jangkauan pemasaran serta dapat mempertahankan keberlangsungan usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi pedagang kaki lima dalam mempertahankan usaha pasca pandemi covid-19. kemudian yang kedua untuk menganalisis bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang strategi pedagang kaki lima di sekiatan kampus A UIN raden fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan trigulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang informan pedagang kaki lima di sekiataran kampus A UIN Raden fatah palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pedagang kaki lima disekitaran kampus A UIN Raden fatah dapat mempertahankan usaha dengan menerapkan startegi manajemen pemasaran berupa menjual produk yang beragam, harga terjangkau, tempat yang nayman, dan melakukan promosi. Dalam strategi manajemen risiko para pedagang cepat beradaptasi dengan keadaan. Kemudian yang kedua, strategi pedagang kaki lima dalam perspektif ekonomi Islam dengan bersifat jujur pada produk, bersifat adil dalam penetapan harga, tempat yang lebih bersih, dan jujur dalam promosi. Dalam strategi manajemen risiko sesuai dengan perspektif ekonomi Islam dengan tidak menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak serta melakukan perencanaan usaha dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pedagang, pasca Covid-19
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: M. IQBAL SEPRIYANSYAH 1820602106
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:00
Last Modified: 09 Aug 2023 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29566

Actions (login required)

View Item View Item