PENERAPAN ETIKA ISLAM DALAM PEMASARAN USAHA RUMAH KAYU KNOCKDOWN DI DESA TANJUNG BATU SEBERANG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR

IZZAH, BILAH (2023) PENERAPAN ETIKA ISLAM DALAM PEMASARAN USAHA RUMAH KAYU KNOCKDOWN DI DESA TANJUNG BATU SEBERANG KECAMATAN TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER BILAH IZZAH.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BILAH IZZAH.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA BILAH IZZAH.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Belakangan ini banyak sekali pelaku usaha yang memasarkan produk dengan cara yang kurang etis tanpa memperhatikan etika bisnis Islam dalam pemasaran produk. Masih banyak dari pelaku usaha di Indonesia yang melakukan tindakan pemasaran yang tidak sesuai dengan prinsip pemasaran Islam. Tindakan tersebut terjadi karena semua pihak bebas menafsirkan nilai-nilai etika bisnis sesuai dengan kehendak mereka. Mengingat usaha rumah kayu knockdown di Desa Tanjung Batu Seberang merupakan usaha turun temurun dari nenek moyang dan juga merupakan usaha yang bersifat sentra yang mana persaingannya pun sangat ketat, sehingga tidak mudah untuk menafsirkan setiap pengrajin menerapkan etika Islam dalam setiap pemasaran produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemasaran usaha rumah kayu knockdown dan juga mengetahui penerapan etika Islam dalam pemasaran usaha rumah kayu knockdown di Desa Tanjung Batu Seberang Kecamatan Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif deskriptif, dengan sumber data didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari pihak-pihak yang terlibat dalam usaha ini. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapat hasil bahwasannya ternyata pengusaha dan pengrajin rumah kayu knockdown Desa Tanjung Batu Seberang dalam pemasarannya rata-rata telah menerapkan etika Islam di dalam usahanya. Konsep pemasarannya pun dilandasi prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang dijalankan oleh Rasulullah SAW, yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Etika Islam, Pemasaran, Rumah Kayu Knockdown, Desa Tanjung Batu Seberang
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: BILAH IZZAH 1930602190
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:05
Last Modified: 09 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29575

Actions (login required)

View Item View Item