Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Kue Bolu Cupu Di Kayuagung Ogan Komering Ilir

Apriani, Sri (2023) Analisis Etika Bisnis Islam Dalam Pemasaran Kue Bolu Cupu Di Kayuagung Ogan Komering Ilir. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 - 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Di saat perkembangan bisnis begitu cepat dan dinamis, persaingan dalam dunia bisnis begitu ketat sehingga memaksa para pelaku bisnis menempuh berbagai cara untuk mencapai tujuan atau sasaran bisnisnya. Dalam menghadapi dunia bisnis yang berkembang pesat, perusahaan harus memiliki strategi pemasaran untuk memenangkan persaingan. Selain itu para pengusaha juga harus memperhatikan kehalalan produk yang mereka jual mulai dari cara pengolahan produk, pendistribusian produk, memiliki sertifikat halal MUI pada produk yang dijual, serta harus memiliki etika atau perilaku yang baik agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen serta mendapatkan keberkahan baik di dunia maupun akhirat. Tujuan penelitian ini adalah ingin mencari tahu strategi apa yang dilakukan oleh para penjual kue bolu cupu di Kayuagung dalam menarik minat masyarakat untuk membeli produk mereka di zaman yang sekarang memiliki beragam jenis-jenis kue yang lebih modern, apakah produk yang dijual sudah memenuhi standar halal MUI karena bolu kue cupu merupakan makanan khas Kayuagung dan apakah para penjual kue bolu cupu di Kayuagung telah menerapkan etika bisnis islam dalam usaha yang mereka jalankan, serta apakah dalam sistem jual beli kue bolu cupu sudah sesuai dengan ajaran islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengusaha Kue Bolu Cupu di Kayuagung menggunakan 4P Product, Price, Place, promotion pada pemasarannya dan sudah menerapkan etika bisnis islam dalam pemasarannya, pengusaha Kue Bolu Cupu juga sudah menerapkan 11 larangan transaksi jual beli dalam usahanya, untuk sertifikat halal masih banyak pengusaha yang belum mendaftarkan dagangan mereka kepada MUI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Strategi Pemasaran.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: SRI APRIANI 1930602162
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:10
Last Modified: 21 Aug 2023 01:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29701

Actions (login required)

View Item View Item