PENGARUH LABEL HALAL, RELIGIUSITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

Agustina, Fitri (2023) PENGARUH LABEL HALAL, RELIGIUSITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH LABEL HALAL, RELIGIUSITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAKANAN KEMASAN (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Konsumsi merupakan salah satu bentuk dari perilaku ekonomi dengan memanfaatkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan yang mendasar yang dilakukan oleh individu adalah kegiatan makan dan minum. Hal ini dikarenakan makan dan minum merupakan kebutuhan pokok yang paling dasar bagi setiap makhluk hidup. Perkembangan ekonomi di Indonesia berkembang cukup pesat, dimana para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menciptakan produk khususnya dibidang makanan kemasan. Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam menunjukan bahwa konsumsi terbesar di pegang oleh umat Islam, dimana dalam Islam kehalalan suatu produk menjadi prioritas utama, sehingga diwajibkan bagi semua produsen makanan untuk memiliki sertifikat halal. Makanan halal yaitu segala jenis makanan yang diperbolehkan oleh syariat Islam untuk dikonsumsi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh label halal, religiusitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk makanan kemasan. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan kuesioner, responden pada penelitian ini yaitu mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam UIN Raden Fatah Palembang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan alat analisis SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukan dari uji t variabel label halal ttabel didapat sebesar 2.795 > 1.996 dan thitung sebesar 0.007 < 0.05 artinya H0 ditolak Ha diterima. Dari uji t variabel religiusitas ttabel didapat sebesar 2.734 > 1.996 yang dan thitung sebesar 0.008 < 0.05 artinya H0 ditolak Ha diterima. Dari uji t variabel harga ttabel didapat sebesar 2.356 > 1.996 dan thitung sebesar 0.021 < 0.05 artinya H0 ditolak Ha diterima. Dan hasil dari uji F menunjukan variabel Label halal, religiusitas dan harga secara simultan berpengaruh signifikan, Hal ini dibuktikan dengan hasil yang menunjukan nilai Fhitung sebesar 22.138 > 2.74 Ftabel. Dengan angka signifikan (p-value) 0.000 < 0.05. jadi dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Kata Kunci: Label Halal, Religiusitas, Harga, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: label halal, religiusitas dan harga
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: FITRI AGUSTINA 1820602091
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:18
Last Modified: 18 Aug 2023 01:18
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/29762

Actions (login required)

View Item View Item