PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA

WINIARTI, WIWIN (2023) PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (2)-1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (2)-3-4.pdf

Download (259kB) | Preview
[img] Text
PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (2)-21-96.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
PENGARUH SOSIALISASI DAN PEMAHAMAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN PENSIUN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (2)-97-100.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Sosialisasi dan Pemahaman Produk terhadap Keputusan Pembiayaan Pensiun pada Bank Syariah Indonesia” ini disusun oleh Wiwin Winiarti, NIM.1930603215, Program Studi S1 Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Penelitian dari skripsi ini dilatar belakangi karena adanya sosialisasi yang diadakan pihak BSI KCP Kota Martapura yang mana untuk menambah pemahaman tentang produk dan membantu masyarakat untuk memutuskan yang dapat meningkatkan jumlah nasabah serta memahami keinginan dan kebutuhan nasabah supaya produk dapat terjual agar tercapainya tujuan dari bank tersebut yaitu untuk meningkatkan keuntungan. Metode kuantitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Menggunakan responden sebanyak 99 sampel yang berprofesi sebagai ASN di Martapura. Data primer dan sekunder merupakan jenis data yang akan digunakan pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, beberapa uji kualitas data seperti uji validitas dan uji reliabilitas, beberapa uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R²), serta uji hipotesis seperti uji regresi berganda, uji t, dan uji F. Penelitian ini mendapatkan hasil dimana variabel sosialisasi memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan secara individual, dilihat dari t hitung > t tabel (5,293 > 1,98498) dapat diketahui H1 diterima. Sedangkan untuk variabel pemahaman produk memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan secara individual, dapat diketahui t hitung > t tabel (6,099 > 1,98498) yang berarti H2 diterima. Berdasarkan uji simultan diketahui, variabel sosialisasi dan pemahaman produk memiliki pengaruh secara bersama-sama terhadap variabel keputusan, dilihat dari F hitung > F tabel (137,178 > 3,09) yang berarti H3 diterima. Hasil yang didapat dari uji koefisien determinasi (R²) didapat hasil 0,741 atau 74,1% yang dapat dijelaskan yaitu sosialisasi dan pemahaman produk memiliki pengaruh terhadap keputusan dalam memilih pembiayaan pensiun pada BSI KCP Kota Martapura sebesar 74,1% dan untuk sisa dari 74,1% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak tercantum pada penelitian. Kata Kunci : Sosialisasi, Pemahaman Produk, Keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: SOSIALISASI, PEMAHAMAN PRODUK, KEPUTUSAN
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Wiwin Winiarti -
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:51
Last Modified: 24 Oct 2023 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/31898

Actions (login required)

View Item View Item