PROFIL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

RANDA, HERDA YOWAN MEI (2023) PROFIL KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB I - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) setelah menggunakan model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa RPP, Lembar Observasi, Soal Tes Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pedoman Wawancara, dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterapkan dalam pembelajaran berlangsung dengan baik, dan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing ini cukup beragam namun tergolong baik. Hal ini ditunjukkan dari hasil tes siswa yang belum merata dimana terdapat 8 siswa pemahaman konsep tinggi, 11 siswa pemahaman konsep sedang, 7 siswa pemahaman konsep rendah. Siswa yang berkemampuan pemahaman konsep tinggi mampu memenuhi 6-7 dari 7 indikator pemahaman konsep. Siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep sedang mampu memenuhi 4 dari 7 indikator pemahaman konsep dan siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep rendah mampu memenuhi 1-3 dari seluruh indikator kemampuan pemahaman konsep. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, SPLDV, Kemampuan Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, SPLDV, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: HERDA YOWAN MEI RANDA 1810206010
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:32
Last Modified: 02 Nov 2023 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/32125

Actions (login required)

View Item View Item