ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NURUL AMAL PALEMBANG

Utami, Anggi Putri (2023) ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NURUL AMAL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSI.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 SKRIPSI.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 SKRIPSI.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 SKRIPSI.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Nurul Amal Palembang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Nurul Amal Palembang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Nurul Amal Palembang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis observasi yang dilakukan yaitu observasi partisipan dan jenis wawancara yang digunakan yaitu wawancara mendalam. Teknik analisis data ialah dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data serta kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP Nurul Amal Palembang adalah nilai komitmen kebangsaan siswa diajarkan untuk menumbuhkan cinta tanah air. Nilai toleransi ditanamkan pada diri siswa, agar siswa dapat saling menghormati dan menghargai dengan perbedaan yang ada, baik antar umat seagama maupun antar umat beragama. Nilai anti kekerasan ditanamkan pada diri siswa dengan tidak membeda-bedakan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler sehingga cemburu sosial dapat dihindarkan dan adanya kegiatan sosial seperti Jum’at sedekah kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan kepada siswa yang memiliki kekurangan atau terkena musibah. Serta nilai akomodatif terhadap budaya lokal siswa di ajarkan untuk mencintai budaya lokal dengan dilaksanakan pementasan drama cerita-cerita rakyat yang ada di Sumatera Selatan. Faktor pendukung nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu kepala sekolah dan para guru pembina kegiatan ekstrakurikuler sangat ikut berperan aktif mendukung nilai-nilai moderasi beragama dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu pelaksanaan yang kurang dan kurangnya antusias beberapa siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler rohani Islam. Kata Kunci : Analisis, Nilai-Nilai, Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Nilai-Nilai, Moderasi Beragama
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANGGI PUTRI UTAMI 1930202205
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:26
Last Modified: 29 Nov 2023 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33060

Actions (login required)

View Item View Item