PENGARUH FITUR, KEMUDAHAN DAN KEMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI BSI MOBILE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PALEMBANG)

Febriansyah, Muhammad Dwi (2023) PENGARUH FITUR, KEMUDAHAN DAN KEMANFAATAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI BSI MOBILE (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (45kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan teknologi terkhusunya dalam bidang perbankan yaitu Mobile Banking (M-Banking). Salah satunya adalah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang meluncurkan aplikasi perbankan dengan nama BSI Mobile. BSi Mobile hadir untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen serta memiliki keunggulan dari beberapa sektor seperti: Finansial, social dan Religius. Berdasarkan data tercatat bahwa pengguna BSI Mobile masih tergolong sedikit sedangkan, Indonesia didominasi oleh masyarakat yang beragama islam yang secara teori seharusnya memiliki banyak peminat. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Fitur Layanan, Kemudahan dan Kemanfaatan terhadap keputusan penggunaan Aplikasi BSI Mobile. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif, menggunakan data primer dan sekunder. Data primer pada penelitian ini dihasilkan dari data kuesioner pada responden, sedangkan data sekunder dihasilkan dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Masyarakat Palembang yang menggunakan BSI Mobile. Kemudian, sampel pada penelitian ini diambil melalui pendekatan metode purposive sampling dengan kriteria pernah menggunakan dan masih menggunakan BSI Mobile yang berjumlah 100 orang melalui rumus Slovin. Teknik pengujian instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reabilitas, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji klasikal dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan Variabel Fitur secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi BSI Mobile, yang berarti bahwa variabel fitur berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi BSI Mobile yang sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini. Variabel Kemudahan secara parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi BSI Mobile, yang berarti bahwa variabel kemudahan tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi BSI Mobile yang belum sesuai dengan hipotesis yang telah dirumuskan dalam penelitian ini. Variabel Kemanfaatan secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi BSI Mobile, yang berarti bahwa variabel kemanfaatan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi BSI Mobile yang sesuai dengan hipotesisyang telah dirumuskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: BSI Mobile, Fitur Layanan, Kemudahan, Kemanfaatan, dan Keputusan Penggunaan.
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi > Ekonomi keuangan
Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: MUHAMMAD DWI FEBRIANSYAH 1810602044
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:13
Last Modified: 09 Jan 2024 01:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/33937

Actions (login required)

View Item View Item