Harda, Rani Zulvira (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbentuk Monopoli Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di Kelas IX SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER[1].pdf Download (978kB) | Preview |
|
Text
BAB_I[1].pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) | Request a copy |
||
Text
BAB_II[1].pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text
BAB_III[1].pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
||
Text
BAB_IV[1].pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text
BAB_V[1].pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN[1].pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Monopoli merupakan permainan yang telah ada sejak dahulu dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran monopoli adalah media pembelajaran berbentuk monopoli yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung, pada media tersebut terdapat petak gambar yang berupa soal-soal, materi, kartu kesempatan, dan juga kartu dana umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas pada media pembelajaran biologi berbentuk monopoli pada materi sistem reproduksi manusia di kelas IX SMP. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX sebanyak 8 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 280 orang, sedangkan sampel yang digunakan pada tahap onetoone yaitu sebanyak 4 peserta didik dan pada tahap smallgroup sebanyak 16 peserta didik, jadi total sampel yang digunakan yaitu 20 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif, dikumpulkan melaluilembar penilaian ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan RPP serta angket penilaian respon guru dan peserta didik. Data kualitatif, dapat berupainformasi yang didapatkan melalui wawancara guru dan peserta didik serta observasi yang telah dilakukan. Pada penelitian ini menggunakan metode Rowntree untuk pengembangan media dan metode Tessmer yang digunakan sebagai evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi ahli, angket, dan intrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis angket. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli termasuk dalam kategori sangat valid dengan rata-rata 93,44 % dan sangat praktis dengan rata-rata 90,78 %. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbentuk monopoli berbasis keterampilan proses sains pada materi sistem reproduksi manusia sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Pembelajaran, monopoli, sistem reproduksi manusia |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | RANI ZULVIRA HARDA 2020207039 |
Date Deposited: | 22 Jan 2024 01:27 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 01:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34292 |
Actions (login required)
View Item |