PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERINTEGRASI NILAI RELIGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS X DI SMA N 1 MUARA PADANG

Wahyuni, Intan (2023) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERINTEGRASI NILAI RELIGI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS X DI SMA N 1 MUARA PADANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)

Abstract

Pengimplementasian pendidikan karakter pada peserta didik yang baik, perlu diterapkannya pembelajaran yang berfokus ajaran islam. Penggunaan model pembelajaran yang terintegrasi nilai religi dapat mendukung Program Profil Pelajar Pancasila. Program ini adalah gambaran atau wujud perbuatan dari pelajar yang menerapkan atau mengamalkan nilai – nilai pancasila dalam kehidupan sehari – hari baik disekolah maupun lingkungan rumah. Capaian pembelajaran Keanekaragaman Makhluk Hidup masih dikategorikan cukup rendah dibuktikan dengan rata – rata hasil ujian harian yang ditunjukan di SMA N 1 Muara Padang dengan rentan nilai 51-75 memiliki predikat cukup dengan kriteria ketuntasan minimal 75 yang ditentukan sekolah, kategori yang dinyatakan nilai rata – rata tinggi adalah 76-100. Hal ini membuktikan hasil belajar peserta didik belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan standar keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terintegrasi nilai religi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Kelas X SMA N 1 Muara Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dalam Penelitian ini termasuk eksperimen semu. Dengan metode pre – experimental design rancangan one grup pretest and posttest design. Sampel penelitian yaitu X D sebagai kelompok eksperimen dan X E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptf, uji prasyarat normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji – t independent sample t – test. Hasil uji Independen sampel t-test didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan perlakuan dengan menggunakan model Learning Cycle 5E terintegrasi nilai religi terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman makhluk hidup kelas X di SMA N 1 Muara Padang Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Integrasi Nilai Religi, Keanekaragaman Makhluk Hidup Model Learning Cycle 5E,

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Integrasi Nilai Religi, Keanekaragaman Makhluk Hidup Model Learning Cycle 5E
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: INTAN WAHYUNI 2030207080
Date Deposited: 28 Feb 2024 07:03
Last Modified: 28 Feb 2024 07:03
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35567

Actions (login required)

View Item View Item