Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cognitive Restruckturing Dalam mengatasi Prokrastinasi Akademik Santri Di Pondok pesantren Ar Rahman

Ilham, Ilham (2023) Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cognitive Restruckturing Dalam mengatasi Prokrastinasi Akademik Santri Di Pondok pesantren Ar Rahman. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER ILHAM.pdf

Download (25kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB 1 ILHAM.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB 2 ILHAM.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III ILHAM BT.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB IV baru.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restruckturing Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Santri Pondok Pesantren Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prokrastinasi akademik santri dan untuk mengetahui penerapan teknik cognitive restruckturing dalam mengatasi prokrastinasi pondok pesantren Ar Rahman. Jenis penelitian ini field research (penelitian lapangan), dengan pendekatan kualitatif . Subjek penelitian ini yaitu, klien "K", klien "FW", klien "NP", klien "A", dan klien "AKT". Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, gambaran prokrastinasi dilihat dari aspek kurang mengatur waktu, empat subyek kurang mengatur waktu, hanya klien “FW” bisa mengatur waktunya. Dari aspek percaya diri yang rendah, empat subyek memiliki percaya diri yang rendah, hanya klien “FW” memiliki percaya diri yang tinggi. Dari aspek menganggap diri terlalu sibuk, empat subyek menganggap dirinya terlalu sibuk, hanya klien “NP” yang tidak menganggap dirinya terlalu sibuk. Dari aspek keras kepala, kelima subyek mempunyai sifat keras kepala. Dari aspek manipulasi tingkah laku orang lain, kelima subyek memanipulasi tingkah laku orang lain. Dari aspek penundaan sebagai upaya perlindungan bagi dirinya, kelima subyek menunda sesuatu sebagai perlindungan bagi diri mereka. Dari aspek merasa dirinya sebagai korban, kelima subyek merasa hanya diri mereka yang tidak mampu mengerjakan sesuatu. Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring menggunakan empat tahap, yaitu tahap pembentukkan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran, sehingga diperoleh hasil, kelima klien sudah banyak mengalami perubahan, dimana kelima klien bisa mengatur waktu, percaya diri semakin tinggi, tidak menganggap diri terlalu sibuk, tidak keras kepala, tidak memanipulasi tingkah laku orang lain, tidak menjadikan penundaan sebagai perlindungan untuk menghindari tekanan, dan tidak merasa dirinya sebagai korban. Kata kunci :Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restruckturing, Prokrastinasi

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Bimbingan Kelompok, Teknik Cognitive Restruckturing, Prokrastinasi
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: ILHAM 1910502003
Date Deposited: 13 Mar 2024 01:31
Last Modified: 13 Mar 2024 01:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35945

Actions (login required)

View Item View Item