Aktivitas Mengamalkan Ayat-Ayat Syifa (Obat) dan Pengaruhnya Terhadap Kesembuhan Jasmani (Pada Wanita Pra Lansia di Desa Ulak Teberau)

Assenang, Siti (2024) Aktivitas Mengamalkan Ayat-Ayat Syifa (Obat) dan Pengaruhnya Terhadap Kesembuhan Jasmani (Pada Wanita Pra Lansia di Desa Ulak Teberau). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (651kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (773kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (889kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (775kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (795kB)

Abstract

Skripsi ini diberi judul “Aktivitas Mengamalkan Ayat-Ayat Syifa’ (Obat) Dan Pengaruhnya Terhadap Kesembuhan Jasmani (Pada Wanita Pra Lansia Di Desa Ulak Teberau)”. Ayat-ayat syifa’ adalah nama yang diberikan untuk beberapa ayat di dalam al-Qur’an yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan fisik dan spiritual. Syifa’ mempunyai manfaat tersendiri bagi kehidupan manusia yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika seseorang sering membacanya secara teratur, maka ia akan memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, sebagaimana yang telah diberitahukan Allah SWT bahwa ayat syifa’ adalah obat bagi orang-orang yang beriman. Seluruh isi al-Qur’an baik itu surah-surahnya, ayat-ayatnya maupun huruf-hurufnya memiliki khasiat penyembuhan dan pengobatan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan membaca ayat-ayat syifa’ terhadap kesembuhan jasmani dan untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kegiatan membaca ayat-ayat syifa’ yang berpengaruh terhadap kesehatan jasmani pada wanita pra lansia di Desa Ulak Teberau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Bentuk penelitian ini adalah studi lapangan (field research) dan model penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dilihat dari kondisi fisik 3 subjek ibu-ibu pra lansia di Desa Ulak Teberau, sebelum membaca dan mengamalkan ayat-ayat syifa’ dan setelah membaca dan mengamalkan ayat-ayat syifa’ selama 3 minggu mengalami perubahan yang signifikan dan berkurangnya rasa nyeri pada anggota badan. Adapun faktor yang mempengaruhi kegiatan membaca dan mengamalkan ayat-ayat syifa’ pada wanita pra lansia di Desa Ulak Teberau yaitu terdapat faktor: Memiliki keyakinan dan iman, memiliki konsistensi dalam mengamalkan ayat-ayat syifa’, memahami isi kandungan dari ayat-ayat syifa’, memiliki penyakit spesfik. Kata Kunci: Ayat Syifa’, Jasmani, Pra Lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tasawuf dan Psikoterapi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: SITI ASSENANG 193035046
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:05
Last Modified: 20 Mar 2024 01:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36057

Actions (login required)

View Item View Item