PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP

FAUZI ROMADHAN, MUHAMMAD (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (51kB)
[img] Text
2_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

ABSTRAK Ketersediaan media pembelajaran sangat penting dalam mencapai pembelajaran yang efektif dan memenuhi kompetensi inti mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Dalam pemenuhan tersebut dibutuhkan kegiatan praktikum dan media penunjang dalam kegiatan praktikum. Berdasarkan analisis kebutuhan media disimpulkan pengembangan panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana validitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing; 2) Bagaimana praktikalitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing; dan 3) Bagaimana efektifitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE (Analayz, Desing, Devlopment, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Air Sugihan dengan tekhnik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data validitas dan praktikalitas menggunakan angket dari skala Likert dan efektifitas menggunakan perbandingan hasil pree test dan post test. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase ahli media 96,3% dengan kriteria sangat valid, ahli materi 99% dengan kriteria sangat valid, ahli Bahasa 96,6% dengan kriteria sangat valid dan ahli perangkat pembelajaran 61,8% dengan kriteria valid. Hasil penilaian praktisi lapangan diperoleh rata-rata respon semua aspek yaitu 4,42 sehingga disimpulkan memenuhi kategori praktis. Hasil persentase perbandingan pree test dan post test menunjukkan 100% berada pada kategori sangat efektif sehingga memenuhi kategori keefektifan dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Panduan Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Panduan Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: MUHAMMAD FAUZI ROMADHAN 2020207029
Date Deposited: 02 May 2024 06:32
Last Modified: 02 May 2024 06:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36989

Actions (login required)

View Item View Item