FAUZI ROMADHAN, MUHAMMAD (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (51kB) | Preview |
|
Text
2_BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
||
Text
3_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) | Request a copy |
||
Text
4_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text
5_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
6-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
||
|
Text
7_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ketersediaan media pembelajaran sangat penting dalam mencapai pembelajaran yang efektif dan memenuhi kompetensi inti mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Dalam pemenuhan tersebut dibutuhkan kegiatan praktikum dan media penunjang dalam kegiatan praktikum. Berdasarkan analisis kebutuhan media disimpulkan pengembangan panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana validitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing; 2) Bagaimana praktikalitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing; dan 3) Bagaimana efektifitas panduan praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE (Analayz, Desing, Devlopment, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 5 Air Sugihan dengan tekhnik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data validitas dan praktikalitas menggunakan angket dari skala Likert dan efektifitas menggunakan perbandingan hasil pree test dan post test. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase ahli media 96,3% dengan kriteria sangat valid, ahli materi 99% dengan kriteria sangat valid, ahli Bahasa 96,6% dengan kriteria sangat valid dan ahli perangkat pembelajaran 61,8% dengan kriteria valid. Hasil penilaian praktisi lapangan diperoleh rata-rata respon semua aspek yaitu 4,42 sehingga disimpulkan memenuhi kategori praktis. Hasil persentase perbandingan pree test dan post test menunjukkan 100% berada pada kategori sangat efektif sehingga memenuhi kategori keefektifan dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Panduan Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Panduan Praktikum, Inkuiri Terbimbing, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi 500 Sains dan Matematika > 570 Biologi, Ilmu Hayat > Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | MUHAMMAD FAUZI ROMADHAN 2020207029 |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:32 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:32 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/36989 |
Actions (login required)
View Item |