PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI, MEDIA INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN BERWAKAF DI MASJID AR–RAHMAN, AL–MUKMIN, AL–HIDAYAH KELURAHAN SEI. SELAYUR KOTA PALEMBANG

Wildan, Nuzul Ahmad (2024) PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI, MEDIA INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN BERWAKAF DI MASJID AR–RAHMAN, AL–MUKMIN, AL–HIDAYAH KELURAHAN SEI. SELAYUR KOTA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)

Abstract

Wakaf merupakan hal yang jarang terjadi di Indonesia. Kemampuan fenomenal baik wakaf benda bergeran dan tak bergerak yang tersebar luas di Indonesia berbanding terbalik dengan pengakuan keberagamannya. Rendahnya keragaman wakaf disebabkan oleh beberapa faktor, pemahaman tentang wakaf menjadi salah satu penyebab belum berkembangnya wakaf di Indonesia. Pemahaman lokal terbagi menjadi dua, ada yang mengakui adanya wakaf benda bergerak (uang tunai, dan sebagainya) dan ada pula yang menolak dan lebih tahu degan sesuatu yang bersifat tak bergerak (Bangunan, tanah, dll) dibandingkan dengan wakaf benda bergerak. Kemungkinan menjadi penyebab masyarakat lebih memilih berwakaf dengan benda tak bergerak dari pada benda bergerak antara lain kemudahan dalam berwakaf, langsung dapat di lihat manfaaatnya, kurangnya pengetahuan atau kemampuan individu, pemahaman dalam mengolah media informasi yang terus berkembang beriringnya perkembangan zaman, Kurangnya kepercayaan terhadap lembaga menyebabkan lambatnya pengakuan terhadap data perbaikan wakaf. Penelitian ini berencana untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, motivasi, media informasi terhadap keputusan berwakaf di Masjid Ar-Rahman Al-Mukmin Al-Hidayah Kota Sei. Selayur, Kota Palembang. Penilaian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Populasi dalam penilaian ini adalah seluruh wakif di Masjid Ar-Rahman, Al�Mukmin, Al-Hidayah, Kota Sei. Selayur Kota Palembang dengan 60 responden menggunakan metode purposive sampling. Penilaian ini menggunakan informasi penting yang diperoleh dari penyebaran survei kepada 60 responden dengan menggunakan skala likert. Berlandaskan hasil pemeriksaan bahwa: pengetahuan berpengaruh positif serta signifikan mengenai keputusan berwakaf dengan nilai thitung > ttabel yakni sebesar 2,092 > 1,67203 dengan nilai signifikansi 0,041 < 0,05. Motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwakaf dengan nilai thitung < ttabel yaitu sebesar 0,551 < 1,67203 dengan nilai signifikansi sebesar 0,584 > 0,05. Media informasi berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan berwakaf dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4,624 > 1,67203 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Pengetahuan, motivasi, media informasi berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan berwakaf dengan nilai Fhitung> Ftabel yaitu sebesar 26,047 > 3,16 dan nilai koefisien determinasi R2 pada pemeriksaan ini didapat nilai adjusted R square sebesar 0,560 atau 56%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Motivasi, Media Informasi, Keputusan Berwakaf
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NUZUL AHMAD WILDAN 2010604001
Date Deposited: 07 May 2024 08:43
Last Modified: 07 May 2024 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/37301

Actions (login required)

View Item View Item