PERBANDINGAN PEMBAYARAN ZIS BERBASIS QRIS (STUDI PERBANDINGAN MASJID YANG MENGGUNAKAN QRIS DAN MASJID YANG TIDAK MENGGUNAKAN QRIS)

Dafinah Razan, Dafinah (2024) PERBANDINGAN PEMBAYARAN ZIS BERBASIS QRIS (STUDI PERBANDINGAN MASJID YANG MENGGUNAKAN QRIS DAN MASJID YANG TIDAK MENGGUNAKAN QRIS). Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (56kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (454kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Bab 5 Penutup.pdf

Download (61kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (196kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi memberikan pengaruh terhadap perkembangan sistem pembayaran, kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran menggeser peranan uang tunai sebagai alat pembayaran kedalam bentuk pembayaran non tunai yang yang lebih efisien dan ekonomis. Sebagaimana adanya gaya hidup modern masyarakat, banyak institusi zakat yang menyediakan pembayaran zakat, infaq dan sedekah online salah satunya adalah yang ditawarkan menggunakan fitur QRIS untuk menghimpun dana di masing-masing masjid. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana perbedaan proses pengumpulan dan pencatatan pembayaran ZIS di antara masjid yang menerapkan sistem pembayaran QRIS dengan masjid yang tidak menerapkannya? (2) Bagaimana persepsi jamaah terhadap kemudahan dan keamanan penggunaan QRIS dalam pembayaran ZIS di masjid-masjid yang menerapkannya dibandingkan dengan masjid yang tidak menerapkannya?. Penelitian ini menganalisis proses pengumpulan dan pencatatan pembayaran Zakat, Infaq, dan Sadaqah (ZIS) di masjid menggunakan sistem QRIS dan tanpa QRIS serta persepsi jamaah terhadap kedua metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam proses antara kedua metode, di mana QRIS memberikan efisiensi, keamanan, dan transparansi, sementara metode tanpa QRIS menjaga tradisi partisipasi jamaah. Jamaah yang mendukung QRIS mengapresiasi kemudahan dan efisiensi, sementara yang memilih metode tradisional merasa nyaman dengan kepercayaan dan kenyamanan yang diberikannya. Kedua pendekatan ini mencapai tujuan meningkatkan partisipasi dan efisiensi dalam pengelolaan dana ZIS, menyoroti pentingnya kombinasi inovasi teknologi dengan nilai-nilai tradisional untuk memenuhi preferensi beragam dari jamaah. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pendekatan yang holistik untuk memperbaiki tata kelola ZIS di masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : ZIS, Sistem Pembayaran, QRIS.
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: DAFINAH RAZAN 2030604099
Date Deposited: 10 Jun 2024 02:59
Last Modified: 10 Jun 2024 02:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38220

Actions (login required)

View Item View Item