EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS ANDIKPAS DI LPKA KELAS I PALEMBANG

ADHISTIA, NABILLAH (2023) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SELF AWARENESS ANDIKPAS DI LPKA KELAS I PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai judul “Efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk meningkatkan Self Awareness Andikpas di LPKA Kelas I Palembang”. Jalannya tumbuh kembang anak tidak selalu seperti apa yang diharapkan. Remaja terkadang dihadapi dengan masalah dan keputusan tentang siapa mereka dan ingin menjadi apa di masa depan, perubahan gaya hidup mengubah perilaku anak dengan begitu cepat, bahkan ada yang mengarah pada kejahatan yang membuat mereka harus berurusan dengan hukum dan berakhir di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA). Individu dengan kesadaran diri rendah akan mudah terbawa arus, yang bahkan bukan yang mereka inginkan. Maka dari itu untuk mengatasi masalah yang timbul dari dalam dirinya ditawarkannya kegiatan konseling kelompok dengan pendekatan REBT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat self awareness andikpas, serta untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok menggunakan pendekatan REBT untuk meningkatkan self awaress andikpas. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode eksperimental, rancangan desain yang digunakan adalah true eksperimen dengan sampel sebanyak 32 orang andikpas, yang dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Angket linkert dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Teknik analisis data menggunkan paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa andikpas memiliki tingkat self awareness yang terbagi dalam tiga katogori: rendah 18,75%, sedang 68,75%, dan tinggi 12,5%. Perbedaan rata-rata (mean) kelompok eksperimen antara pretest dan posttest adalah 9, sedangkan perbedaan rata-rata (mean) kelompok kontrol adalah 4,94. Hasil ini menunjukkan efektivitas konseling kelompok dalam meningkatkan self awareness. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan REBT atau konseling kelompok sama-sama efektif dalam meningkatkan self awareness andikpas, namun terdapat perbedaan tingkat keefektivan antara konseling kelompok dengan pendekatan REBT dan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy, Self Awareness.
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: NABILLAH ADHISTIA 1920502059
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:23
Last Modified: 01 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/38641

Actions (login required)

View Item View Item