PENGARUH LABEL HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK MAKANAN DI KOTA LUBUK LINGGAU

REGI, YASIKA (2024) PENGARUH LABEL HALAL DAN KESADARAN HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK MAKANAN DI KOTA LUBUK LINGGAU. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1-HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-BAB II.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-BAB III.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-BAB IV.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7-LAMPIRAN.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh label halal dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan di kota Lubuk Linggau dengan religiusitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data sekunder berbentuk kuesioner serta dianalisis oleh alat bantu statistik SmartPLS. Penelitian ini dilakukan di 4 objek usaha makanan di kota Lubuk Linggau dengan jumlah 200 Responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Label halal berdampak positif dan signifikan terhadap religiusitas konsumen muslim, dengan nilai t-statistik hubungan 3.5 > 1.645 dan nilai p-value 0,00 < 0,05. (2) Kesadaran halal juga berdampak positif dan signifikan terhadap religiusitas konsumen muslim, dengan nilai t-statistik 9.0 > 1.645 dan nilai p-value 0,00 < 0,05. (3) Label halal juga berdampak positif dan signifikan pada keputusan pembelian konsumen muslim, yang ditunjukkan dengan nilai t-statistik sebesar 3.9 > 1.648 dan p-value 0,00 < 0,05 (4) Kesadaran halal memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim, dengan nilai t-statistik 6.1 > 1.645 dan p-value 0,00 < 0,05 (5). Religiusitas juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim, dengan nilai t-statistik 3.6 > 1.645 dan p-value 0,00 < 0,05 (6). Selain itu, religiusitas mampu memediasi label halal terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim, dengan nilai t-statistik 3.34 > 1.645 dan p-value 0,00 < 0,05 (7). Demikian pula, religiusistas mampu memediasi kesadaran akan kehalalan terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim pada produk makanan, dengan nilai t-statistik 2.27 > 1.645 dan p-value 0,00 < dari 0,05. Kata kunci: Label halal, Kesadaran halal, Keputusan Pembelian, Religiusitas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: fiqo
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:39
Last Modified: 24 Jul 2024 03:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39485

Actions (login required)

View Item View Item