Strategi Marketing yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Tabungan Rofiqoh (Studi Kasus pada Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang)

Honifah, Lilis Strategi Marketing yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Tabungan Rofiqoh (Studi Kasus pada Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang). In: Strategi Marketing yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Produk Tabungan Rofiqoh (Studi Kasus pada Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang). UIN Raden Fatah Palembang, Palembang, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFPUS.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah produk tabunganrofiqoh di bank sumsel babel cabang syariah palembang. Dengan persaingan yang ketat di sektor perbankan syariah dan perubahan preferensi konsumen, bank menghadapi tantangan dalam menarik dan mempertahankan nasabah baru. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan strategi marketing, yang terdiri dari diferensiasi dan bauran pemasaran (marketing mix) yang mencakup 7p yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Kemudian unsur strategi marketing yang terdiri dari segmentasi pasar, targetting, positioning dan strategi marketing dalam islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Account Officer (Marketing), Customer Service dan Nasabah tabungan rofiqoh di Bank Sumsel Babel Cabang Syariah Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta sumber data yang diperoleh merupakan data sekunder dan data primer. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi marketing produk tabungan rofiqoh yang dilakukan bank sumsel babel cabang syariah palembang dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu menerapkan strategi bauran pemasaran (marketing mix 7p) diantaranya product (produk), price (harga), place (tempat), people (orang), process (proses), dan physical evidence (bukti fisik) akan tetapi terdapat satu elemen yang belum terpenuhi yaitu pada strategi promosi. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka penulis memiliki beberapa saran diantaranya: bank lebih update pemasaran di sosial media, dan diharapkan pihak pemerintah seperti kementrian keuangan dan dewan pengawas syariah agar mengembangkan regulasi yang adaptif, pendekatan proaktif dalam pendidikan dan pelatihan maupun kolaborasi dengan institusi syariah lain.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, dan Tabungan Rofiqoh.
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Lilis Honifah 2020603128
Date Deposited: 30 Dec 2024 03:01
Last Modified: 30 Dec 2024 03:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/43272

Actions (login required)

View Item View Item