Sumida, Sumida (2024) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK PARTAI GOLONGAN KARYA DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024 MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Akun @golkar.indonesia). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (64kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) |
|
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini akan berfokus pada akun Instagram @golkar.indonesia, Golkar Indonesia merupakan platform kampanye politik yang luas dan mudah diakses untuk menyajikan konten yang beragam, termasuk gambar, video, dan intrografik. Selain itu, akun tersebut dapat memuat informasi terkini, mendukung kandidat, dan menyebarkan pesan politik untuk mempengaruhi opini masyarakat secara Online. Penelitian ini dilakukan melalui media sosial Instagram pada akun @golkar.indonesia dan menggunakan teori komunikasi politik dari Dan Nimmo (2009), di dalam teori ini terdapat lima unsur komunikasi politik seperti komunikator, media, sarana, pesan dan efek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi politik partai Golkar pada akun Instagram @golkar.indonesia dalam pemilihan umum tahun 2024. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode pengumpulan data dari penelitian ini melalui observasi dan dokumentasi pada akun @golkar.indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Partai Golongan Karya menggunakan strategi komunikasi politik melalui media sosial Instagram Untuk menjangkau masyarakat luas yang berada di daerah-daerah terpencil untuk melakukan kampanye langsung. Pengguna media sosial di Indonesia sangat banyak dan tersebar di berbagai wilayah, sehingga media ini efektif untuk menyebarkan pesan politik kepada lebih banyak orang. Konten di media sosial dapat dengan cepat menjadi viral dan menjangkau ribuan bahkan jutaan orang dalam waktu singkat. Ini membuat Golkar dapat menyebarkan pesan kampanye, visi, misi, serta tanggapan terhadap isu-isu terkini dengan lebih cepat dibandingkan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Politik, Partai Golkar, dan Instagram |
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Sumida 2030702111 |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:37 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:37 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |