Muharomah, R.A. Khoirunnisa (2025) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN APLIKASI InDrive DI ERA DIGITAL DENGAN MEMANFAATKAN KEUNGGULAN FITUR TAWAR HARGA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER KHOIRUNNISA.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK KHOIRUNNISA.pdf Download (130kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I KHOIRUNNISA.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB II KHOIRUNNISA.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB III KHOIRUNNISA.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV KHOIRUNNISA.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB V KHOIRUNNISA.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA KHOIRUNNISA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Fenomena dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana persepsi mahasiswa terhadap sistem tawar-menawar harga di tengah budaya masyarakat Indonesia yang cenderung memiliki nilai-nilai sosial tertentu, seperti negosiasi dan interaksi langsung. InDrive sebagai aplikasi ride sharing online yang artinya jasa transportasi yang berorientasi kepada pengemudi atau pemilik kendaraan, menyediakan menu tawar-menawar harga untuk menentukan tarif transportasi melalui aplikasi penumpang maupun pengemudi, keduanya bisa saling tawar-menawar untuk menentukan biaya perjalanan yang akan ditempuh. Penelitian ini berjudul “Analisis Komunikasi Pemasaran Aplikasi InDrive Di Era Digital Dengan Memanfaatkan Keunggulan Fitur Tawar Harga (Studi Penelitian Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Raden Fatah Palembang)”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pemasaran aplikasi InDrive di era digital, dan mengetahui dampak positif dan negatif dari fitur tawar-menawar harga aplikasi InDrive. Penelitian ini menggunakan teori Integrated Marketing Communication, informan dalam penelitian ini berjumlah 10 informan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi pemasaran aplikasi InDrive di era digital yaitu dengan memanfaatkan keunggulan fitur tawar-menawar harga tersebut yang umumnya tidak dimiliki aplikasi transportasi online sejenis, fitur ini lazimnya bersifat tradisional namun dikemas secara modern menggunakan aplikasi transportasi online berbasis digital. Keunggulan dari fitur tawar-menawar harga aplikasi InDrive yaitu dapat menciptakan keadilan antara antara konsumen dan mitra driver, menghindari kerugian akibat harga yang tidak wajar, konsumen mendapatkan biaya perjalanan dengan harga yang wajar dan terjangkau, dan mitra driver mendapatkan lebih banyak konsumen. Sedangkan kekurangan yaitu menurunnya sikap sosial konsumen terhadap para mitra driver, dan memungkinkan para mitra driver memanfaatkan kesulitan konsumen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Harga, InDrive, Transportasi |
Subjects: | Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | R.A. Khoirunnisa Muharomah 2020701034 |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 03:53 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 03:53 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |