Kanisya, Zhafira Audreya (2025) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN MARKETING MIX (7P) PADA USAHA CATERING MAMAKIA KITCHEN DI PALEMBANG DAN KAJIANNYA DARI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
![]() |
Text
cover zhafira.pdf Download (123kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II..pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf Download (205kB) |
Abstract
Marketing Mix merupakan suatu kombinasi dari elemen elemen pemasaran yang bertujuan untuk mencapai suatu target bisnis. Dalam marketing mix elemen yang diperhatikan berupa produk, harga, promosi, tempat/distribusi, orang, proses dan bukri fisik atau dikenal sebagai 7P. Penelitian ini membahas bagaimana implementasi strategi pemasaran marketing mix 7P pada usaha catering Mamakia Kitchen dan kajian-nya dalam perspektif ekonomi syariah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian field research dan menggunakan sumber data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara pada owner, 6 konsumen, 2 narasumber ahli di bidang yang relevan serta tetangga dan masyarakat berpenghasilan rendah. Teknik pengolahan data melewati tahap pemeriksaan data, klasifikasi, verifikasi, kesimpulan. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, strategi pemasaran 7P yang dilakukan Mamakia Kitchen sudah efektif namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti: dari sisi produk, menawarkan desain yang menarik, namun masih terdapat inkonsistensi pada kualitasnya. Dari sisi harga, sudah sepadan, namun kurang menjangkau masyarakat menengah ke bawah. Dari sisi place, sudah baik namun kurang visibilitas. Dari sisi promosi, sudah menggunakan logo dan media sosial namun masih terbatas. Dari sisi people, sudah ramah-tamah, namun belum pernah mengikuti pelatihan. Dari sisi process meliputi prosedur, mekanisme dan aliran kegiatan yang sudah teratur. Terakhir, dari sisi physical evidence belum terdapat ciri khas yang mewakili. Selanjutnya, dalam kajian Ekonomi Islam, terdapat elemen yang sudah memenuhi dan elemen yang belum memenuhi syariat Islam, seperti; Dari sisi product, sudah memenuhi sebagian besar prinsip produk Al-Ukhuwah, namun tidak ada sertifikasi halal yang memastikan kehalalan produk. Dari segi price, sudah adil dan sepadan sesuai syariat Islam menurut Ibnu Taymiyah, namun harga tersebut belum menjangkau semua lapisan masyarakat. Dari segi place, sudah sesuai syariat Islam dengan tidak ada penundaan distribusi dan lokasi-nya tidak menganggu ibadah. Dari segi promotion, sudah sesuai syariat Islam, di mana tidak menipu dan sudah sebenar-benarnya. Dari sisi people, sesuai syariat Islam, yang di mana harus bersikap jujur dan amanah. Dari sisi process sudah sesuai syariat Islam seperti tidak menganggu masyarakat dan merusak lingkungan. Penerapan physical evidence masih belum sesuai syariat Islam, di mana belum ada label halal dan interior tidak bernuansa Islam. Namun kebersihan yang merupakan syariat Islam sudah dijaga oleh Owner. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Catering, Ekonomi Syariah, Implementasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Catering, Ekonomi Syariah, Implementasi. |
Subjects: | Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1) |
Depositing User: | ZHAFIRA AUDREYA KANISYA 2130602267 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 07:21 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 07:21 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/45799 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |