Meriyanti, Meri (2024) STRATEGI PENERAPAN DUALISME KURIKULUM AL AZHAR DAN KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL ITTIFAQIAH. Masters thesis, UIN Raden Fatah.
![]() |
Text
COVER HAL DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABTRAK.pdf new.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) |
Abstract
ABTRAK Dualisme kurikulum merupakan proses dari pengembangan dan inovasi kurikulum sebagai usaha untuk mencapai tujuan pendidikan. Madrasah Aliyah Al Ittifaqiah menerapkan dualisme kurikulum Al Azhar dan Kurikulum 2013 pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dualisme kurikulum Al Azhar dan kurikulum 2013 dan kemudian peneliti menganalisis strategi guru dalam menerapkan dualisme kurikulum Al Azhar dan Kurikulum 2013 pada pembelajaran mata pelajaran Fikih dan kendala apa yang dihadapi dalam menerapkan dualisme kurikulum Al Azhar dan kurikulum 2013. Metode kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field Research) telah digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di kelas Al Azhar Madrasah Aliyah Al Ittifaqiah, peneliti menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi untuk menjawab tujuan penelitian. Wawancara telah dilakukan pada stakeholder MA Al Ittifaqiah, Pusat penjamin mutu pendidikan dan pengajaran Al ittifaqiah, guru Fikih dan santriwati. Observasi dilakukan pada kegiatan pembelajaran, sebelum dan sesudah pembelajaran dan kegiatan non formal, dan dokumentasi yang peneliti dapat berupa dokumen resmi yang berkaitan dengan dualisme kurikulum dan strategi penerapan dualisme kurikulum Al Azhar dan Kurikulum 2013. Teknik analisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa dualisme kurikulum Al Azhar dan kurikulum 2013 terdapat perbedaan pada buku sebagai sumber belajar, materi pada buku, guru yang mengajar, evaluasi, dan rapor penilaian siswa. Adapun strategi guru dalam penerapan dualisme kurikulum yaitu, pada kurikulum Al Azhar guru menggunakan strategi pembelajaran active learning dan strategi ekspositori dengan metode sorogan, ceramah, cerita dan tanya jawab, dan strategi pembelajaran Fikih Madrasah (K-13) guru menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah, contextual teaching, ekspositori, dan kooperatif learning, dengan metode diskusi, ceramah, tanya jawab, dan cerita. Sarana dan prasarana yang belum cukup memadai, sedikitnya waktu dalam pembelajaran di kelas, banyaknya mata pelajaran dan beragamnya motivasi siswa menjadi kendala pada penerapan dualisme kurikulum tersebut. Kata kunci : Dualisme kurikulum, Strategi Pembelajaran, kendala
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dualisme kurikulum, Strategi Pembelajaran, kendala |
Subjects: | 200 Agama > 297 Islam > 2x4 Fiqih Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Meriyanti 2270211012 |
Date Deposited: | 08 May 2025 04:52 |
Last Modified: | 08 May 2025 04:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46037 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |