PERAN PENGASUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK CITRA KESUMA PALEMBANG (SKRIPSI)

BADARIYAH, NYAYU (2019) PERAN PENGASUH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIO EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TEMPAT PENITIPAN ANAK CITRA KESUMA PALEMBANG (SKRIPSI). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sekarang, kebutuhan biaya kehidupan semakin meningkat. Mengakibatkan jumlah ibu yang bekerja juga meningkat. Sementara kualitas perkembangan anak sangat penting. Tempat penitipan anak adalah alternatif sebagai sarana meningkatkan kualitas anak-anak. Peran orangtua digantikan oleh pengasuh pada saat kedua orangtua bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pengasuh terhadap perkembangan sosio emosional anak usia dini ditempat penitipan anak Citra Kesuma Palembang. Subjek penelitian ini adalah pengasuh yang ada ditempat penitipan anak Citra Kesuma Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, data display dan verifikasi. Adapun hasil penelitian 1) gambaran kondisi perkembangan sosio emosional anak usia dini pada awal berada di TPA yaitu cenderung belum bisa beradaptasi dan bersosialisasi, hanya mampu mengamati. 2) program-program yang dilakukan dalam membantu perkembangan sosio emosional anak yaitu: bermain bersama, menari dan bernyanyi, bermain peran, bercerita, belajar berbagi, dan kunjungan edukasi. 3) peran pengasuh terhadap perkembangan sosio emosional anak usia dini di TPA yaitu, dalam mengurus anak sangat memperhatikan kebutuhan anak, melatih saraf motorik anak seperti bermainan puzzle dan lego untuk melatih saraf motorik halus, bermain bersama diluar untuk motorik kasar, sensorik dengan mengajak anak berinteraksi mengenai berbagai hal mengenai panca indra, kognitif dengan pemberian dasar pengetahuan menggunakan media majalah dan metode bernyanyi dan mewarnai. Kemudian mendidik menekankan pada akhlak anak dengan metode bercerita. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa anak yang dititipkan ditempat penitipan Citra Kesuma Palembang mengalamin perkembangan sosio emosional yang baik dari pada saat awal anak di titipkan di TPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:54
Last Modified: 01 Nov 2019 03:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4611

Actions (login required)

View Item View Item