PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL PLAY THERAPY DALAM MENGATASI EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH ALAM JAKABARING PALEMBANG

Rahmi, Yossi Selvia (2019) PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL PLAY THERAPY DALAM MENGATASI EMOSIONAL ANAK DI SEKOLAH ALAM JAKABARING PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (574kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perkembangan emosional pada masa awal kanak-kanak karena pada masa ini anak baru memulai hubungan sosial yang dapat menentukan kemampuan anak untuk bersosialisasi. Perkembangan emosi yang positif dapat memudahkan anak untuk bergaul dengan sesamanya dan belajar dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi emosional pada anak di Sekolah Alam Jakabaring Palembang, mengetahui program-program yang dilakukan dalam mengatasi emosional pada anak di Sekolah Alam Jakabaring Palembang, dan mengetahui pendekatan cognitive behavioral play therapy dalam mengatasi emosional anak di sekolah Alam Jakabaring Palembang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan pendekatan lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, data display, dan kesimpulan. Subyek penelitian ini berjumlah 8 subyek yaitu 3 anak TK, 3 orangtua, dan 2 guru. Hasil dari penelitian yang diperoleh dari observasi dan wawancara adalah gambaran emosional anak di Sekolah Alam Jakabaring Palembang yaitu pemarah, takut, sedih, cemburu, iri hati dan cengeng. Program-program yang dilakukan dalam mengatasi emosional pada anak adalah mencangkup semua kurikulum atau program yang ada di taman kanak-kanak sekolah alam, yang mana program tersebut meliputi learning is fun (belajar yang menyenangkan), akhlakulkarimah, leadership, dan logika berpikir ilmiah, belajar kehidupan dari alam, pengembangan karakter dan kepemimpinan, serta belajar langsung dari objeknya. Sekolah Alam Jakabaring Palembang khususnya taman kanak-kanak menggunakan pendekatan cognitive behavioral play therapy yang mana mengembangkan perilaku kognitif menggunakan paradigma bermain sebagai terapi dalam mengatasi perkembangan anak baik aspek kognitif maupun emosional. Dengan bermain mempunyai manfaat sebagai terapi karena tanpa mereka sadari dengan bermain dapat mengubah kepribadian yang ada pada diri mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 01 Nov 2019 03:14
Last Modified: 25 Jul 2021 11:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4629

Actions (login required)

View Item View Item