PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

LESTARI, AJENG FATWA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVERKU.pdf

Download (899kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI KU.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 1 KU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II KU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III KU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV KU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KU.pdf

Download (442kB)

Abstract

Ajeng Fatwa Lestari: Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Asam Basa. Skripsi. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Raden Fatah Palembang, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa dan mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan menggunakan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMA Negeri 13 Palembang Tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 506 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI P4E yang terdiri atas 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI P4G terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan instrumen tes berupa soal pretest dan posttest yang terdiri dari 18 soal pilihan ganda. Teknik analisis data pada penelitian kuantitatif ini dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 dengan dilakukan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, uji daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji n-gain. Hasil penelitian dari hasil uji independent sample t-test, yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan uji n-gain terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara model pembelajaran inkuiri terbimbing sebesar 0,51 dan model pembelajaran problem based learning sebesar 0,31. Sehingga model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi tingkatannya dibandingkan model pembelajaran problem based learning. Kata Kunci: Asam Basa, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Asam Basa, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
500 Sains dan Matematika > 540 Kimia dan ilmu yang terkait
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Ajeng Fatwa Lestari 2010208010
Date Deposited: 18 Jun 2025 05:04
Last Modified: 18 Jun 2025 05:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46930

Actions (login required)

View Item View Item