ANALISIS ISI FILM “CRAZY RICH ASIANS” DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

PUTRI, UTAMI DWITA (2019) ANALISIS ISI FILM “CRAZY RICH ASIANS” DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (863kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film adalah media komunikasi yang paling efektif untuk menyampaikan pesan moral kepada khalayak ramai. Media komunikasi visual ini bertujuan untuk memberi informasi dan hiburan serta bermanfaat dan mendidik. Film “Crazy Rich Asians” merupakan film drama komedi terbaru di tahun 2018, Film ini disutradarai oleh seorang sutradara ternama bernama Jon M. Chu. dan penulis naskah Kevin Kwan bersama Adele Lim. Ceritanya merupakan adaptasi dari novel karya Kevin Kwan. Salah satu yang membuat film ini akan menjadi menarik adalah sentuhan sejarah, kebudayaan, bahasa, kehidupan orang-orang keturunan Tiongkok. Misalnya saja tentang karakteristik yang melekat diantara masyarakat “Cina Perantauan” dan “Cina Daratan”. Maka peneliti merumuskan tiga pertanyaan. Bagaimana Pesan komunikasi yang terdapat dalam film Crazy Rich Asians?. Bagaimana Komunikasi Antar Budaya dalam film Crazy Rich Asians?. Kemudian, Bagaimana Analisis Isi Film Crazy Rich Asians Melalui Perspektif Komunikasi Antar Budaya ? Penelitian ini berfokus mengkaji melalui Perspektif Komunikasi Antar Budaya yang ada dibalik adegan-adegan dalam film “Crazy Rich Asians” dan mengkaji simbol-simbol budaya Tionghoa dan maknanya secara mendalam.Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis analisis teks media. Bentuk analisis yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan menggunakan tiga jenis makna, yaitu Denotasi, Konatasi, dan Mitos. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui analisis dokumen dan riset keperpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol-simbol budaya Tionghoa dalam film “Crazy Rich Asians” ditampilkan melalui adegan-adegan yang dilalui tokoh Rachel Chu yang diajak oleh Nick Young untuk menghadiri pesta pernikahan sahabatnya sekaligus memperkenalkan Rachel Chu pada keluarga besar Nick Young di Singapore. Simbol-simbol budaya diwujudkan melalui penggunaan bahasa serta berbagai macam adat dan budaya keluarga yang turun-menurun. Makna simbol budaya yang ada dalam film adalah yang kental dengan kehidupan dan nilai-nilai kebudayaan Asia, serta menjadikan budaya dan materi sebagai pedoman dan tolak ukur dalam menilai segala sesuatu, sebagai perwujudan sebuah budaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 07 Nov 2019 02:32
Last Modified: 07 Nov 2019 02:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item View Item