STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENGOPTIMALISASIKAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL DAN TELKOM UNIVERSITY BANDUNG)

INDRY MEY ARIANY, 1564400038 (2018) STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA MENGOPTIMALISASIKAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL DAN TELKOM UNIVERSITY BANDUNG). Other thesis, Program Studi Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 SKRIPSI 1-5.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai strategi promosi dalam upaya mengoptimalisasikan informasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui media sosial Instagram (studi kasus di UPT Perpustakaan Institut Teknologi Nasional dan Open Library Telkom University). Penelitian ini juga dilakukan untuk melihat apakah strategi promosi perpustakaan di Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui media sosial Instagram dapat membawa dampak positif dengan meningkatkan minat kunjung di UPT Perpustakaan Institut Teknologi Nasional dan Open Library Telkom University, serta dapat mensukseskan kegiatan yang ada di UPT Perpustakaan dan Open Library Telkom University. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana pengambilan data yang dilakukan dengan menggunakan proses observasi dan wawancara langsung serta kajian pustaka. Wawancara diajukan kepada kepala perpustakaan dan admin akun Instagram perpustakaan dengan menggunakan pedoman wawancara yang telah disiapkan sebelumnya dengan jenis pertanyaan terbuka.Dimana pertanyaan yang diajukan dapat dilakukan perluasan topik dan penyempitan pertanyaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Sheila Ritchi dalam Pawit M. Yusuf dengan menguraikan empat faktor cara mengenali perilaku pasar dan efek visualisasi kemampuan mengingat yang dikemukakan oleh Dawyer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Instagram bukanlah indikator utama yang menjadikan peningkatan kunjungan di UPT Perpustakaan Institut Teknologi Nasional dan Open Library Telkom University.Hal ini dikarenakan UPT Perpustakaan Institut Teknologi Nasional dan Open Library Telkom University bukan hanya menggunakan Instagram sebagai media promosi online. Penggunaan facebook, website, dan juga poster serta kegiatan pendidikan pemakai setiap awal perkuliahan menjadi beberapa cara yang digunakan dalam kegiatan promosi perpustakaan.Adapun penggunaaan efek visualisasi telah diterapkan oleh pihak perpustakaan yang dalam hal ini penggunaan Instagram dalam kegiatan promosi perpustakaan.Penggabungan antara gambar, warna dan suara menjadikan promosi yang dilakukan melalui media sosial Istagram terlihat lebih menarik. Kata Kunci : Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram, Perpustakaan, Dan Minat Berkunjung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? Z665 ??
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 09 Jan 2020 03:19
Last Modified: 09 Jan 2020 03:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5014

Actions (login required)

View Item View Item