IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUARA DUA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN (2014)

Febrita, Febrita (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUARA DUA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN (2014). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
BAB 1-5 Febrita (1).pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER TO ABSTRAK.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengkaji Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Muara Dua, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode intervew, observasi, dan documentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Dari hasil analisis dibuktikan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 sebagian besar berjalan dengan baik meskipun ada hambatan dan kekurangan. Hasil Penelitian: 1. Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Muara Dua agar dapat memperoleh hasil yang optimal maka guru harus bisa menjadi motivator peserta didik dengan baik dan bisa membawa dan mengarahkan potensi peserta didik tersebut, dan bisa membentuk suatu budi pekerti dan perilaku peserta didik untuk menjadi lebih baik dan mempunyai akhlak yang mulia dan bisa menjadi siswa yang cerdas, bisa mengharumkan almamater sekolah, keluarga, masyarakat dan Negara. 2. Usaha-usaha yang dilakukan dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Muara Dua. a. Kepala Sekolah:. Usaha Kepala Sekolah tersebut merupakan usaha yang luar biasa dengan adanya perencanaan yang matang mengupayakan terlaksananya Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Muara Dua. Hal ini telah menjadi sasaran Kepala Sekolah, guru dan karyawan untuk melaksanakan Kurikulum 2013 b. Guru Pendidikan Agama Islam. Karena dalam proses belajar mengajar telah disentuh dengan menggunakan banyak metode. Hal ini merupakan semangat yang luar biasa dengan adanya perencanaan yang sangat matang dalam mengupayakan terlaksananya Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Muara Dua. 3. Faktor pendukung dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah adanya sarana prasarana yang cukup memadai seperti masjid, perpustakaan, laboratorium, mayoritas siswa beragama Islam. Dukungan yang baik dari Kepala Sekolah sebagai inovator kemudian memotivasi para guru dengan diberikan pelatihan dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Isla. Faktor penghambat kurang optimalnya Implementasi Kurikulum 2013 adalah perlu beradaptasi atas pengimplementasiannya, mengingat Kurikulum ini baru diterapkan pada tahun ajaran 2014-2015. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam xvi ابستراك تعٍط اًٌْ تسجدٗه "ـساُ قٍَتً داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدامِ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ". ـْيٍتٍاُ اًٌْ دٌيتاز تالماؼً اٗىخ ـالتتاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدامِ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ تاىسً اٗـتَاه، ـْداـاخ دازي تثساـا اٗزاّػ ت٘ا ظٍع٘ا/ٍعٍٍازاماخ تساّ تٖ٘ا ـْؽعً قٍَتً ظٍقاىٔ تٍداك جاٗآ تادا دّؽأُ أاـا ٌْػ دٌين٘ماُ اٗىٔ تٍفً تٍؽا ٌْػ ّؽ ٌاّػ فاُ تاّ جاٗاب ٍعٍٍازاماخ. اداـُ٘ زٍٗ٘ظاُ ّؽ تٍداك تسٕاظٍو ٍَ٘تٍيٍعاظً ـستٍعٍفاظً داُ ْػ ٍاظاىٔ:تاؼٍَاّا ـازاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدٌناُ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ؟ .تاؼٍَاّا داٍفاك ـازاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدٌناُ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ ظٍ٘ثاز داتا ـدا ـٍْيٍتٍاُ اًّ تسدٌسي دازي داتا ـسٌَاز )مفاال ظٍقاىٔ، مت٘ٗا قٍَتً، ٗامٍو مت٘ٗا قٍَتً، ظٍنستازٌط، تْدإازا،اّ ّؽ٘تا( داُ ظَثاز داتا ظٍنّ٘دٌس ٌنًْ ظَ٘ٗا دٗمٍٍِ٘ .داُ داتا ٌْػ ٍْدٗمْػ اداـُ٘ تنٍْل ـْؽأٍف٘الُ داتاٌْػ دٌؽّ٘اماُ ٌاأٌت٘ اٗتعٍسـاظً، دٗمٍٍِ٘ اتاظً داُ ٗاٗاّجازا. تنٍْل اّاىٍعٍط داتا اداىٔ دٌعٍنسؾ تؿ م٘اىٍتاتٍؿ:زٌدٗمعً داتا، دٌعفٍيى داتا، .ـٍسٌفٍناظٍٍِّ داتا داُ تٍسٌّأّػ اٗالظً داتا :ـازاّاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدامِ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ دٗمّ٘ؽأُ ٌْػ دٌثازٌناُ اٗىٔ قٍَتً ٍدزاظح داىٌ ٍْؽنتناُ ٍ٘ت٘ ـْدٌدٌناُ دىٌ تْت٘ك ـْْعٍاه، ـَتنٍساُ داُ تٍْاؼا. ظٍثاؼاي ـَثازي ـستَثْؽأُ دٗج٘دماُ داىٌ ـَثسٌأُ ٍع٘ماُ ـساظٍط ـْؽعً ى٘الأُ ـْدٌدٌناُ، ـسٗظٍط ـَثٍيٍجازاُ، ـٍٍٍدٌاأُ داُ ـْ ّؽْاأُ ظساّا داُ ـازا ظساّا، ـْ ّؽْاأُ داُ ـٍَْفأتاُ اّ ّؽازاُ أات٘ داّا ظٍقاىٔ. قٍَتً ج٘ؼا ٍْؽعداماُ ـْؽعاٗاظاُ ـادا ـٍينعْاأُ تَثٍعاُ تٍالجاز )ماىط تَثإاُ( مع٘ظٍا ـادا مٍالض ٩ .ـساُ قٍَتً ظثاؼً ٍدٌّت٘زظج٘ٓ اًٌْ ٗٗدٌا تسٗـا ـْؽٖ٘تّ٘ػ اّتازا مفاال ٍدزاظح دّؽأُ ٍعٍازاماخ، دٌ٘اُ ـْدٌدٌناُ. داٍفاك تاىً٘ ٍنعٍَاه ـادا اٍفاخ ـازاُ،ٍْؽعْؽاأخ تاىً٘ ظَ٘ٗا ظ٘ب اظفٍل ـازاُ دٌينعْاماُ، ٕاه اًٌْ تْت٘ ظاجا دي ظثثناُ اٗىٔ تٍْل ـنت٘ز ظاىٔ ظتٌ٘ا اداىٔ قٍَتً تاىٌ ظفْٔ ٌا ـإٌ اماُ .ت٘ؼاض ـ٘م٘ك داُ ـْػ ظً قٍَتً اٌت٘ ظْدٌسي

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 05:30
Last Modified: 27 Dec 2019 05:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item View Item