PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN LAMPAM

MEITATI, MEITATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 PANGKALAN LAMPAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment design). Sampel penelitian berjumlah 68 siswa. Berdasarkan hasil penguasaan konsep siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran snowball throwing lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (metode diskusi). Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis dengan (uji-t) menunjukkan sebesar 4,183>1,997, artinya thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak yakni ada pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam. Hasil analisis peningkatan hasil ketuntasan indikator penguasaan konsep siswa kelas eksperimen dan indikator penguasaan konsep siswa di kelas kontrol berkategori sedang akan tetapi hasil hipotesisnya tinggi. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran snowball throwing penguasaan konsep
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:43
Last Modified: 14 Jan 2020 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5625

Actions (login required)

View Item View Item