PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI PALEMBANG

BAIRUNIS, BAIRUNIS (2014) PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAGIAN UTAMA.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (4).pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (2).pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 Pelaksanaan Supervisi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Supervisi adalah bantuan yang diberikan supervisor kepada guru (bawahan) agar ia mengalami pertumbuhan secara maksimal dan integral baik profesi maupun pribadinya. Namun program supervisi/pengawasan yang dilakukan oleh pengawas selama ini menurut peneliti belum terlaksana secara baik. Padahal supervisi sangat berpengaruh besar dalam mencapai mutu suatu lembaga pendidikan. Justru itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; (1). Bagaimana pelaksanaan supervisi Pendidikan pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Palembang,(2). Bagaimana dampak pelaksanaan supervisi pendidikan pada pembelajaran pendidikan agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Adapun temuan penelitian ini mencakup beberapa hal secara umum sebagai berikut: 1. Pelaksanaan supervisi oleh pengawas pendidikan agama Islam pada pembelajaran di SMP Negeri 1, SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 35 Palembang ditempuh melalui empat komponen yakni (1) proses/langkah supervisi meliputi; persiapan, pelaksanaan kegiatan supervisi dan tindak lanjut dan instrumen penilaian, (2) gaya supervisi yang digunakan yakni gaya demokrasi (3) teknik/metode supervisi yang digunakan meliputi; teknik kunjungan langsung dan tidak langsung, dan (4) faktor pendukung dan kesulitan dalam pelaksanaan supervisi dari guru, anak, kepala sekolah, pengawas, dan dari Kemenag serta kemendikbud kota Palembang. 2. Dampak pelaksanaan supervisi pendidikan oleh pengawas pendidikan agama Islam berdampak pada; (1) kesiapan pihak sekolah untuk melaksanakan proses pembelajaran sudah berjalan secara baik. (2) persepsi dari ketiga Sekolah SMP Negeri 1, SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 35 Palembang terhadap persoalan program pengawasan oleh pengawas agama secara umum adalah baik. (3) sedangkan dampak dari hasil atau tindak lanjut (tolok ukur) dari pelaksanaan supervisi pendidikan meliputi; keberhasilan fisik sekolah, jumlah siswa, dan prestasi siswa sekolah serta guru pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Supervisi, Pembelajaran.
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 15 Feb 2020 01:46
Last Modified: 15 Feb 2020 01:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6356

Actions (login required)

View Item View Item