ROSLINA, ROSLINA (2015) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
PERSETUJ.PEMBBG,KT PENGANTR,PERNYATAAN,DAFTR ISI,TABEL,PEDOMN TRANSLT (PERBAIKAN).pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MODEL PALEBANG Salah satu kunci keberhasilan pendidikan pada level yang paling bawah terletak pada kepala madrasah dan guru yang profesional. Karena itu kepala madrasah harus mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk dapat melaksanakan manajemen yang tepat dalam meningkatkan kinerja guru agar mereka dapat membantu kepala madrasah dalam mencapai keberhasilan pendidikan di madrasah tersebut. Penelitian terhadap manajemen kepala madrasah ini penulis lakukan karena merasa tertarik terhadap kepala madrasah yang dengan sumber daya yang terbatas tetapi mampu meraih prestasi secara maksimalditinjau dari prestasi siswa maupun animo masyarakat. Keberhasilan Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Model Palembang ini tentu tidak terlepas dari manajemen kepala madrasah yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana manajemen kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Model Palembang melalui pendekatan unsur-unsur manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: a) wawancara; b) observasi; dan c) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisir, ditafsir, dan dianalisis. Temuan penelitian ini adalah: (1) Perencanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah negeri 2 Model dalam meningkatkan kinerja guru diantaranya: (a) Ditentukan dalam bentuk rapat untuk menentukan program atau rencana kerja khususnya rencana peningkatan kinerja guru. (b) Perencanaan kerja meliputi perencanaan fisik dan perencanaan non fisik. Perencanaan fisik meliputi pengembangan sarana dan prasarana madrasah dan perencanaan non fisik meliputi pengembangan kurikulum dan pembelajaran serta pengembangan kinerja guru khususnya tenaga pendidik. (c) Mengadakan pembinaan dan pengembangan kinerja guru. (2) Pelaksanaan yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Model yaitu: (a)Penegakan disiplin. (b) Supervisi secara rutin.(c)Pemberian kompensasi/penghargaan lebih (reward). (d) Pengintensifan rapat madrasah. (e) pengefektifan guru piket (f)Mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP, workshop, penataran dan diklat.(3) Pengawasan yang dilakukan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 model yaitu dengan melakukan: (a) Melalui kegiatan supervisi. (b) Supervisi dilakukan dengan teknik kunjungan kelas dan pembicaraan secara individual. (c) Pengecekan kehadiran guru. (4) Evaluasi keberhasilan yang dilakukan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Model adalah : (a) Evaluasi dilakukan untuk mengukur meningkatan kinerja guru, dan(b) Instrumen evaluasi yang digunakan adalah supervisi kelas, Penilaian Kinerja Guru (PKG), dan Daftar enilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 04:39 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 04:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6413 |
Actions (login required)
View Item |