UPAYA MENINGKATKAN KEMAJUAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG

RENOVLISMAR, RENOVLISMAR (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAJUAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab. 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. 2.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. 5.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Renovlismar.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Abstrak Judul Tesis UPAYA MENINGKATKAN KEMAJUAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 8 PALEMBANG Didirikannya lembaga pendidikan Muhammadiyah, yakni Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 8 Palembang, karena ada kepentingan yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dengan nilai-nilai agama. Karenanya pengembangan lembaga pendidikan memperhatikan: 1. Partisipasi masyarakat untuk kemajuan lembaga pendidikan 2. Kualitas dan karakteristik lembaga pendidikan 3. Dukungan dari elemen masyarakat baik instansi dinas maupun nondinas 4. Pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS). Kondisi-kondisi ini merupakan problem yang dihadapi lembaga-lembaga pendidikan Islam termasuk SMA Muhammadiyah 8 Palembang. Oleh sebab itu perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi kelemahan-kelemahan dan kekurangan-kekurangan lembaga pendidikan Islam, di antaranya dengan melakukan teknik supervisi yang baik dan profesional. Sekolah di bawah naungan Muhammadiyah yang dimulai pada tahun 1912 di Yogyakarta yang didirikan oleh Kiyai haji Ahmad Dahlan, dengan tujuan pendidikannya adalah terwujudnya manusia muslim, berakhlak mulia, cakap, percaya kepada diri sendiri, berguna bagi masyarakat dan negara. Namun sangat disayangkan pengelolaan lembaga pendidikan Muhammadiyah khususnya Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 8 Palembang belum sepenuhnya dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien oleh kepala sekolah sebagai manajer yang memiliki kapasitas sebagai seorang perencana, pengorganisasi, pelaksana, pemimpin dan pengendali lembaga pendidikan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemajuan Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 8 Palembang, untuk mengetahui tingkat kemajuan SMA Muhammadiyaah 8 Palembang, dan untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam upaya meningkatkan kemajuan SMA Muhammadiyah 8 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yakni metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa upaya meningkatkan kemajuan SMA Muhammadiyah 8 Palembang terdiri atas dua macam, yakni problem internal kelembagaan dan problem eksternal kelembagaan yang difokuskan pada problem causal relationshif yaitu kendala yang berhubungan dengan sebab akibat. Tingkat kemajuan yang dicapai SMA Muhammadiyah 8 Palembang adalah belum mencapai kemajuan. Hal ini kurangnya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya ke SMA sebab adanya SMA Negeri, kurangnya sarana dan prasarana sekolah,.kurang aktifnya kegiatan-kegiatan siswa, sehingga tidak dapat memunculkan prestasi siswa dan sekolah, minimnya dana untuk melaksanakan aktivitas pendidikan, sehingga belum dapat mengembangkan otonomi sekolah secara maksimal. Langkah-langkah meningkatkan kemajuan SMA Muhammadiyah 8 Palembang adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, pemanfaatan sumber daya, meningkatkan kualitas manajemen pendidikan, dan melakukan hubungan pendidikan dengan kemampuan warga sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PEDIDIKAN ISLAM (S2) TH.2013
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 21 Feb 2020 04:30
Last Modified: 21 Feb 2020 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6436

Actions (login required)

View Item View Item