PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MA DARUSSALAM BATUMARTA VI OKUT رإثير وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد واٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌذي اٌطلاة ػًٍ ؤووى ششلُخ4 ِهبسح

HARTATI, SRI (2020) PENGARUH KETERAMPILAN GURU DALAM MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA ARAB DI MA DARUSSALAM BATUMARTA VI OKUT رإثير وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد واٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌذي اٌطلاة ػًٍ ؤووى ششلُخ4 ِهبسح. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 ARAB.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 ARAB.pdf

Download (375kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keterampilan guru dalam mengadakan variasi mengajar khususnya dalam pembelajaran keterampilan membaca, yang mana pelajaran keterampilan membaca yang digunakan adalah membaca pemahaman (qira’ah al-fahm) yang sering diterapkan oleh guru bahasa Arab, gunanya untuk melatih siswa agar memahami suatu bacaan, sehingga siswa dapat megungkapkan ide pokok maupun isi penunjang dalam bacaan baik secara lisan maupun tulisan sehingga siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengungkan gagasannya. Kecerdasan emosional siswa yang berbeda juga berperan penting untuk menunjang kegatan belajar siswa, sehingga guru dapat meggunakan variasi mengajar yang sesuai untuk menunjang keterampilan membaca siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (0) untuk megetahui bagaimana pengaruh keterampilan guru dalam mengadakan variasi mengajar terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab di MA Darussalam Batumarta VI OKUT ?(,) untuk megetahui bagaimana pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap keterampilan membaca pemahaman di MA Darussalam Batumarta VI ? (8) utuk megetahui bagaimana pengaruh keterampilam guru dalam mengadakan variasi mengajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa Arab siswa di MA Darussalam Batumarta VI OKUT ?. Pendekatan dan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dan metode survei. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket. Hasil penelitian menunjukkan Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara keterampilam guru dalam mengadakan variasi mengajar terhadap keterampilan memahami membaca pemahaman bahasa Arab di MA Darussalam Batumarta VI OKUT.. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung620,2> ttabel,2428dan nilai taraf signifikan 42444 < 4243. Maka H0 diterima dan H4 ditolak. Dengan demikian hipotesis diterima. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosional siswa terhadap membaca pemahama bahasa Arabdi MA Darussalam Batumarta VI OKUT. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung 3298,> ttabel ,2428 dan nilai taraf signifikan 42444 < 4243. Maka H0 diterima dan H4 ditolak. Dengan demikian hipotesis diterima.Adanya pengaruh yang positif dan signifikan keterampilam guru dalam mengadakan variasi mengajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap keterampilan membaca pemahama bahasa ArabI di MA Darussalam Batumarta VI OKUT.Hal ini ditunjukkan oleh nilai fhitung 832,83> ftabel 8,04 dan nilai taraf signifikan 42444 < 4243. Maka H0 diterima dan H4 ditolak. Dengan demikian hipotesis diterima. Sedangkan nilai R, sebesar62297. Nilai tersebut memiliki implikasi bahwa variabel keterampilam guru dalam mengadakan variasi mengajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap membaca pemahama bahasa Arab di MA Darussalam Batumarta VI OKUT sebesar 62297 dan sisanya ,8,07 dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد ، خبطخ ي رؼٍُُ اٌمشاءح، زُث رىىْ ٍ٘خٍفُخ ِٓ ٘زا اٌجسث ِهبسح اٌمشاءح الدغزخذِخ ٍ٘ اٌمشاءح اٌفهُ اٌتي َطجمهب ِذسط اٌٍغخ اٌؼشثُخ غبٌجب، ٘ذف ِٓ رٌه ٘ىرذسَت اٌطلاة ػًٍ فهُ لشاءح. رٍؼت اٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌٍطلاة الدخزٍفين ؤَؼًب دوسًا ِهًّب ٌذػُ ؤٔشطخ رؼٍُ اٌطلاة ، بحُث يمىٓ ٌٍّؼٍُ اعزخذاَ ؤشىبي اٌزؼٍُُ الدٕبعجخ ٌذػُ ِهبساد اٌمشاءح ٌٍطلاة.٘زا اٌجسث، لدؼشفخ وُف . ؤووى ششلُخ ؟ 4 رإثير وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد ػٍىّهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب . ؤووى ششلُخ ؟ 4 لدؼشفخوُف رإثيراٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌٍطلاثؼٍىّهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب لدؼشفخ وُف رإثير وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد واٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌذي اٌطلاة ػًٍ ِهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ ؤووى ششلُخ ؟ .والدذخً ٘زا اٌجسث الدٕهح اٌىٍّ وطشَمخ الدغر لأْ اٌجبزثخ 4اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب عىف رذسط رإثير وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد واٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌذي اٌطلاة ػًٍ ِهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ ؤووى ششلُخ. طشَمخ جمغ اٌجُبٔبد ِثً الاعزجُبْ والاخزجبس 4اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب .إٌزبئح ِٓ ٘زا اٌجسث ىّهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ٍ ٕ٘بن رإثير إيجببي و٘بَ ثين وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد ػًٍ ػ t 0,241 ؤووى ششلُخ. َشبس إلى رٌه ثمُّخ 4ثزىِشرب .2.23< 2.222وِغزىي الأهمُخ hitung5,104> ttabel H ثم َزُ لجىي H وسفغ 1 . و٘ىزا َزُ لجىي اٌفشػُخ. ٕ٘بن رإثير إيجببي و٘بَ ثين رإثير اٌزوبء اٌؼبطفٍ 2 ؤووى ششلُخ. َشبس إلى رٌه ثمُّخ 4 ٌذي اٌطلاة ػًٍ ِهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب 0,241 t H . ثم َزُ لجىي 2.23< 2.222ولُّخ وجيرح ِٓ hitung6,710> ttabel H وسفغ 1 . و٘ىزا َزُ 2 لجىي اٌفشػُخ. ٕ٘بن رإثير وفبءح الدؼٍُ لأداء اٌزؼٍُُ الدزؼذد واٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌذي اٌطلاة ػًٍ ِهبسح اٌمشاءح ؤووى ششلُخ. َشبس إلى رٌه ثبٌمُّخ المحغىثخ اٌتي رجٍغ 4ثبلدذسعخ اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب XIي فظً H . ثم َزُ لجىي 2.23< 2.222وِغزىي الأهمُخ fhitung 832,83> ftabel 8,04 H وسفغ 1 . و٘ىزا 2 R َزُ لجىي اٌفشػُخ. ي زين ؤْ لُّخ 8. ٘زٖ اٌمُّخ لذب أؼىبعبد ػًٍ وفبءح الدؼٍُ لأداء 54,7 ٍ٘ 0 ؤووى 4 اٌزؼٍُُ الدزؼذد واٌزوبء اٌؼبطفٍ ٌذي اٌطلاة ػًٍ ِهبسح اٌمشاءح ثبلدذسعخ اٌؼبٌُخ داس اٌغلاَ ثزىِشرب

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan guru mengadakan variasi mengajar kecerdasan emosional siswa keterampilan membaca pemahaman bahasa arab
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:39
Last Modified: 06 Mar 2020 03:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6610

Actions (login required)

View Item View Item