PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MI AZHARYAH PALEMBANG

JAYANTI, AFRIANI (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS V DI MI AZHARYAH PALEMBANG. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi BAB I.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB III.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB IV.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang membahas tentang pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, ini di latar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI yang belum memuaskan atau belum mencapai standar KKM. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran SKI kelas V di MI Azharyah Palembang; bagaimana hasil belajar siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol pada mata pelajaran SKI di MI Azharyah Palembang; dan apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Azharyah Palembang. Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas V A yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B yang berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan dokumentasi dan tes. Untuk tes analisis data, penulis menggunakan analisis uji “t” dan TSR. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran mind mapping dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan; hasil belajar siswa kelas eksperimen pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Kemenangan di kota Makkah lebih baik daripada hasil belajar siswa kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai post test; dan ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran SKI materi Kemenangan di Kota Makkah Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Azharyah Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:58
Last Modified: 16 Oct 2020 02:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7726

Actions (login required)

View Item View Item